Pelatih Portugal: Ronaldo Butuh Waktu Bermain

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Sabtu, 09 Okt 2021 10:00 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 02: Jadon Sancho and Cristiano Ronaldo of Manchester United wait to take to the field as substitutes during the Premier League match between Manchester United and Everton at Old Trafford on October 02, 2021 in Manchester, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos, menyebut Cristiano Ronaldo perlu rutin main 90 menit demi menjaga ritmenya (Foto: Getty Images/Michael Regan)
Jakarta -

Dicadangkannya Cristiano Ronaldo akhir pekan lalu jadi pembicaraan. Pelatih Portugal Fernando Santos menyebut Ronaldo perlu menjaga ritme dengan rutin main 90 menit.

Ronaldo, yang tampil impresif sejak balik ke Manchester United, hanya jadi pemain cadangan di laga melawan Everton di Premier League pekan lalu. Dia baru masuk di babak kedua, tapi tetap tak mampu memberi kemenangan untuk MU usai laga berakhir imbang 1-1.

Keputusan Ole Gunnar Solskjaer untuk mencadangkan Ronaldo itu dapat kritik dan membuat banyak orang bertanya-tanya. Salah satunya Sir Alex Ferguson yang juga heran dengan keputusan Solskjaer itu.

Cristiano Ronaldo kini tengah bersama timnas Portugal jelang dua pertandingan internasional. Portugal akan menjalani laga uji coba melawan Qatar pada Sabtu (10/10/2021) dini hari WIB, sebelum menjamu Luksemburg di Kualifikasi Piala Dunia 2022 tiga hari kemudian.

Ronaldo sendiri kini tengah mengejar rekor pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di level timnas. Eks penyerang Juventus dan Real Madrid itu sudah tampil 180 kali untuk timnas, selisih 15 penampilan dari rekor milik Soh Chin Ann (Malaysia).

Fernando Santos memberi indikasi bahwa Ronaldo akan dimainkan melawan Qatar meski itu hanya laga uji coba. Santos ingin menjaga ritme bermain kaptennya itu.

"Soal pertandingan melawan Qatar itu bukan soal rekor, dia akan selalu mematahkan rekor itu. Dia tidak mengkhawatirkannya," ujar Santos seperti dilansir Metro.

"Dia akan diturunkan karena dia butuh waktu bermain. Itu penting buatnya di titik ini. Pertandingan terakhir yang dia mainkan secara penuh adalah di Liga Champions (melawan Villarreal)."

"Kalau dia cuma main lawan Luksemburg, maka praktis dia akan melewat 15 hari tanpa bermain dengan intensitas."

"Di titik ini, saya akan bilang kalau ada kemungkinan kuat Ronaldo akan main lawan Qatar, apakah itu jadi starter atau jadi pengganti di babak kedua, jadi ritme kompetitifnya tetap maksimal saat melawan Luksemburg," kata Santos menegaskan.



Simak Video "Pink Colek Ronaldo di Twitter, Minta Jersey untuk Kado Natal"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/yna)