Enrique ke Pemain Spanyol Jelang Final Nations League: Santai Saja

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 10 Okt 2021 07:35 WIB
Spains Bryan Gil gestures as Spains manager Luis Enrique laughs during Spains training session ahead of Sundays final of the UEFA Nations League between Spain and France, at Interello sport center, in Milan Italy, Saturday, Oct. 9, 2021. (AP Photo/Luca Bruno)
Pelatih Spanyol Luis Enrique mencoba rileks jelang UEFA Nations League (AP/Luca Bruno)
Milan -

Luis Enrique tak mau terbebani apapun jelang final UEFA Nations League. Pelatih Spanyol itu mau mencoba rileks agar anak asuhnya bisa bermain lepas.

Spanyol akan menghadapi Prancis pada partai final di San Siro, Senin (11/10/2021) dini hari WIB. Ini jadi partai puncak pertama Spanyol di ajang kompetitif setelah terakhir di Euro 2012.

Setelah berjaya sembilan tahun lalu, praktis persepakbolaan Spanyol menurun drastis dan baru bisa melaju ke fase semifinal di Euro 2020 lalu. Sayangnya saat itu Spanyol disingkirkan italia yang jadi juara.

Kekalahan itu sudah dibayar Spanyol saat mengalahkan Italia di semifinal Nations League beberapa hari lalu. Kini Spanyol akan coba menambah trofi internasional mereka dengan merengkuh Nations League.

Meski misinya itu tidak akan mudah, mengingat Prancis yang akan jadi lawannya. Prancis meski gagal total di Euro lalu masih berstatus juara dunia dan ini akan membuat Les Bleus diunggulkan di laga ini.

Status Prancis sebagai unggul bisa jadi akan membuat Spanyol berada dalam tekanan. Tapi, Enrique selaku pelatih enggan membebani apapun kepada anak asuhnya.

Dia meminta Sergio Busquets dkk. untuk bermain rileks dan menikmati pertandingan. Dengan demikian, para pemain Spanyol bisa mengeluarkan performa terbaiknya.

"Saya sih tidak mempedulikan kekuatan lini serang lawan, karena kami tidak pernah melihat siapapun lawan saat menyerang," ujar Luis Enrique seperti dikutip Marca.

"Sementara dalam bertahan, kami selalu meminta para pemain menjaga ketat pemain lawan. Ucapan lebih mudah ketimbang prakteknya. Kami sih santai menyambut final ini dan punya ambisi untuk mencapai level tertinggi kami," sambungnya.

(mrp/adp)