Rekor di Balik Operan Messi yang Menjadi Gol

Kris Fathoni W - Sepakbola
Senin, 11 Okt 2021 19:00 WIB
Argentinas Lionel Messi celebrates scoring the opening goal against Uruguay during a qualifying soccer match for the FIFA World Cup Qatar 2022 in Buenos Aires, Argentina, Sunday, Oct. 10, 2021. (AP Photo/Gustavo Garello)
Foto: AP/Gustavo Garello
Jakarta -

Lionel Messi ikut mencetak gol saat Argentina menang 3-0 atas Uruguay. Gol yang prosesnya terjadi secara menarik itu juga memunculkan rekor.

Argentina mengawali laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL lawan Uruguay di di Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti, Buenos Aires, Senin (11/10/2021) pagi WIB, dengan mendapatkan perlawanan alot.

Jual beli serangan terjadi sejak awal, dengan Luis Suarez tampil menjadi motor serangan Uruguay dalam menebar ancaman ke gawang Argentina.

Namun, Messi akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat golnya di menit ke-38. Yang menarik, gol yang dicetak Messi itu tampaknya justru dimaksudkan sebagai operan.

Dari luar kotak penalti, La Pulga melambungkan bola ke arah Nico Gonzalez yang sedang melakukan penetrasi ke depan gawang. Tapi bola kemudian bukan cuma tak kuasa disongsong Nico Gonzalez, tapi juga luput dari kiper Fernando Muslera. Penjaga gawang Uruguay itu tampak terkecoh dengan pergerakan si kulit bundar yang sempat memantul.

Gol unik dari Lionel Messi itu sendiri memunculkan sebuah torehan rekor. Menurut Sky Sports, pemain Paris Saint-Germain tersebut menjadi pesepakbola Amerika Selatan pertama yang memembus kisaran 80 gol internasional.

Jumlah 80 gol internasional itu sekaligus menempatkan Lionel Messi di posisi kelima pemain tersubur dunia dalam laga-laga resmi internasional. Cuma Ferenc Puskas (84 gol), Mokhtar Dahari (89), Ali Daei (109), dan Cristiano Ronaldo (112) yang lebih tajam ketimbang Messi.

(krs/raw)