Gol Pertama Membuka Jalan Jerman ke Qatar

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 12 Okt 2021 08:05 WIB
Skopje -

Jerman jadi tim pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022 usai melibas Makedonia Utara 4-0. Tapi, Die Mannschaft nyaris frustrasi sebelum Kai Havertz membuka jalan.

Jerman melawat ke Tose Proeski National Arena, Selasa (12/10/2021) dini hari WIB dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup J. Ini juga jadi ajang balas dendam Jerman yang kalah 2-3 dari lawan yang sama di kandang sendiri tahun lalu.

Jerman yang lagi on fire bareng Hansi Flick, empat kemenangan dari empat laga, bermain agresif sejak menit awal dan tak memberikan Makedonia Utara kesempatan melawan.

Tapi, gol itu sulit tercipta karena ketatnya pertahanan Makedonia Utara sepanjang babak pertama, Kebuntuan baru pecah pada menit ke-50 saat Havertz mencocor umpan tarik Thomas Mueller.

Gol yang membangkitkan semangat Jerman untuk melibas Makedonia Utara. Timo Werner kemudian membuat dua gol pada menit ke-70 dan ke-73, sebelum Jamal Musiala menutupnya di menit ke-83.

Jerman yang menyapu bersih tujuh laga setelah kekalahan di partai pertama, berhasil mengunci tiket putaran final dengan 21 poin. Dengan dua laga sisa, maka Jerman takkan lagi bisa dikejar Rumania (13 poin) di posisi kedua.

Sungguh kemenangan yang melegakan Jerman karena mampu memberikan impresi yang bagus di awal kepelatihan Flick, Apalagi Jerman dalam tiga tahun terakhir dikritik habis karena tampil buruk di Piala Dunia 2018, UEFA Nations League 2019 dan 2021, serta Euro 2020.

Flick puas dengan performa anak asuhnya yang tak berhenti berusaha mencari gol, meski lawan bermain bertahan. Jerman pun untuk ke-20 kalinya secara beruntun mampu lolos ke Piala Dunia, hanya kalah dari Brasil dengan 21 kali.

"Kami lolos ke Piala Dunia dengan cara yang kami inginkan. Saya harus mengapresiasi para pemain atas performa mereka, mereka tidak membiarkan lawan menciptakan peluang," ujar Hansi Flick di situs resmi DFB.

"Babak pertama memang sedikit sulit dikendalikan, kami tidak klinis seperti saat melawan Rumania. Lalu kami bangkit setelah gol pertama dan tampil lebih menggigit. Jadi, saya pantas puas melihatnya," sambungnya.

(mrp/nds)