Cristiano Ronaldo Memble, Portugal Keok

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 15 Nov 2021 06:15 WIB
Lisbon -

Portugal gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022 usai dikalahkan Serbia. Sedikit banyak performa buruk Cristiano Ronaldo mempengaruhi Selecao das Quinas.

Portugal menjamu Serbia di Estadio da Luz, Senin (15/11/2021) dini hari WIB, pada partai pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hanya butuh hasil imbang untuk lolos, Portugal langsung agresif.

Hasilnya di menit kedua, Renato Sanches membawa Portugal memimpin 1-0. Tapi, setelah itu tuan rumah malah kesulitan bikin gol dan beberapa kali direpotkan serangan Serbia.

Tim tamu akhirnya bisa menyamakan skor di menit ke-33 lewat Dusan Tadic. Menit demi menit berlalu, skor tersebut tetap bertahan sebelum bencana datang untuk Portugal di menit ke-90.

Crossing Tadic menuju Aleksandar Mitrovic di kotak penalti dan disundul ke sudut gawang Rui Patricio. Portugal akhirnya kalah 1-2 dan harus gigit jari karena gagal lolos langsung ke Qatar tahun depan.


Portugal yang tadinya memimpin klasemen harus puas finis kedua dengan 17 poin, kalah tiga poin dari Serbia. Penampilan jelek juara EURO 2016 itu jadi penyebabnya, karena cuma tiga attempts on target dilepaskan dari total 9!

Bandingkan dengan Serbia yang sama-sama punya tiga on target, namun lebih agresif dengan 11 attempts. Salah satu alasan mengapa Portugal keok adalah Ronaldo mejan.

Ya, kapten tim tidak membuat gol sama sekali dan bahkan dari tiga attempts, semua gagal menemui sasaran! Ini jadi kali pertama Cristiano Ronaldo mengalaminya di kualifikasi Piala Dunia 2022. Ronaldo adalah top scorer Portugal di ajang kualifikasi dengan enam gol.

Selain itu, Serbia juga jadi tim kedua yang mengalahkan Portugal di kandang pada partai kualifikasi Piala Dunia dalam 28 tahun terakhir. Terakhir Portugal kalah di kandang dari Denmark dengan skor 2-3 pada 2008.

Kini Portugal bisa saja gagal lolos ke Piala Dunia di Qatar andaikan tidak bisa memenangi laga play-off, yang pengundiannya dilakukan 26 November dan duel dilaksanakan pada Maret tahun depan.

(mrp/ran)