Van Dijk Girang Belanda Kembali Tampil di Piala Dunia

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 17 Nov 2021 10:51 WIB
Rotterdam -

Belanda berhasil mengunci tiket ke Piala Dunia 2022 setelah absen pada edisi sebelumnya. Pencapaian itu disambut positif kapten De Oranje, Virgil van Dijk.

Belanda memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 setelah meraih kemenangan atas Norwegia di Feyenoord Stadium, Rabu (17/11/2021) dini hari WIB. Skuad asuhan Louis van Gaal itu menang 2-0.

Dua gol Belanda tercipta menjelang akhir babak kedua. Steven Bergwijn memecah kebuntuan di menit ke-84, sementara gol kedua dicetak Memphis Depay ketika laga sudah memasuki injury time.

Hasil itu membawa Belanda mengakhiri fase kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan status juara Grup G dengan 23 poin. Mereka unggul dua angka dari Turki yang menjadi runner-up dan harus melalui fase play-off.

Belanda pun akhirnya kembali tampil ke Piala Dunia setelah empat tahun sebelumnya gagal lolos dari fase kualifikasi. Belanda kala itu menempati posisi ketiga Grup A di bawah Prancis dan Swedia.

Lolosnya Belanda ke Piala Dunia 2022 mendapat apresiasi dari Virgil van Dijk. Bek Liverpool itu bangga dan senang bisa membawa negaranya tampil di kompetisi sepakbola terakbar di dunia.

"Saya sangat bangga dengan tim ini. Mungkin sulit untuk bermain-main dengan gagasan bahwa kesalahan apa pun bisa berakibat fatal, tetapi kami menerimanya," kata Van Dijk kepada De Telegraaf.

"Saya tidak dapat berbicara untuk semua orang, tetapi saya benar-benar menantikannya. Kami menunjukkan karakter nyata, tidak mudah untuk beralih dengan cepat setelah skor 2-2 di Montenegro, tetapi kami melakukannya," sambungnya.

"Saya sangat menyesal bahwa pelatih nasional menonton kami dari kejauhan dan para penggemar tidak ada di sana sama sekali. Kami akan merayakan keberhasilan ini dengan baik. Saya tidak sabar menunggu Piala Dunia," demikian kata Virgil van Dijk.

(bay/adp)