ADVERTISEMENT

Messi Dinilai Tak Layak Menangi Ballon d'Or 2021 karena...

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Selasa, 30 Nov 2021 13:09 WIB
Paris Saint-Germains Argentine forward Lionel Messi reacts after being awarded the the Ballon dOr award during the 2021 Ballon dOr France Football award ceremony at the Theatre du Chatelet in Paris on November 29, 2021. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Legenda Prancis Jean-Pierre Papin mengatakan, Lionel Messi tidak seharusnya memenangi Ballon d'Or 2021. (Foto: AFP/FRANCK FIFE)
Paris -

Lionel Messi akhirnya diputuskan menjadi pemenang Ballon d'Or 2021. Legenda Prancis Jean-Pierre Papin meyakini Messi tidak pantas mendapatkannya. Apa alasannya?

Megabintang sepakbola Argentina itu memperoleh Ballon d'Or ketujuh kalinya dalam pengumuman pada Selasa (30/11/2021) dinihari WIB. Messi mengungguli rival terdekatnya Robert Lewandowski dan Jorginho yang finis di posisi kedua dan ketiga dalam pemungutan suara.

Penghargaan prestius itu disabet Messi setelah tampil cemerlang di Barcelona sampai musim panas lalu. Pesepakbola berusia 34 tahun itu 'menggendong' Barca dengan torehan 38 gol dan 14 assist untuk memenangi Copa del Rey dan menginspirasi Argentina untuk menjuarai Copa America 2021.

Namun setelah sukses bersama negaranya itu Messi menyeberang ke Paris St. Germain. Laga debut La Pulga beberapa kali tertunda karena masalah kebugaran sebelum akhirnya bisa tampil untuk kali pertama dalam kemenangan PSG atas Reims di Ligue 1 pada akhir Agustus lalu.

Jean-Pierre Papin pernah memenangi Ballon d'Or pada 1991. Papin mengklaim pamor Ballon d'Or akan berkurang jika Messi menang lagi karena menit bermain yang lebih sedikit ketimbang rival-rivalnya.

"Dia bahkan tidak bermain selama lima bulan!" ceplos Papin kepada Le Parisien sebelum Messi didapuk sebagai pemenang. "Saya melihat kita membicarakan tentang dia dan saya tidak mengerti."

"Mari kita tambahkan juga Cristiano Ronaldo di dalam perkara ini. Sejak memenangi Copa America, apa yang sudah Messi lakukan di Paris? Dia cuma mencetak satu gol di liga, tiga di Liga Champions."

"Saya bukannya menentang Messi, dia toh salah satu pesepakbola terhebat dalam sejarah. Tapi tahun ini dia tidak pantas mendapatkannya," sambung mantan bintang AC Milan di era 90an itu.

"Memilih Messi di 2021 akan mengurangi pamor Ballon d'Or karena itu berarti kita tidak lagi memberikan kemungkinan kepada pemain dengan kinerja tinggi untuk memenangi trofi. Ketika Anda tahu seberapa sulitnya tampil bagus selama semusim penuh, itu tidak wajar. Kalau kita memberikannya kepada Messi pada tahun ini, setiap bocah di dunia ini bisa bermimpi untuk mendapatkannya," sembur Jean-Pierre Papin.

Simak video 'Messi Raih Ballon d'Or, Begini Statistik La Pulga Vs Lewandowski':

[Gambas:Video 20detik]



(rin/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT