Piala Afrika Mau Mulai, Aubameyang Malah Positif COVID-19

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 06 Jan 2022 20:00 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 07: Pierre-Emerick Aubameyang of Arsenal applauds the fans after the Premier League match between Arsenal and Watford at Emirates Stadium on November 07, 2021 in London, England. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Pierre-Emerick Aubameyang positif COVID-19 jelang Piala Afrika 2021 (Getty Images/Ryan Pierse)
Yaounde -

Apes betul nasib Pierre-Emerick Aubameyang. Sudah "diasingkan" dari Arsenal, Aubameyang positif COVID-19 jelang Piala Afrika 2021, yang digelar di awal tahun 2022 lantaran terimbas pandemi.

Aubameyang diparkir oleh klub London Utara itu karena masalah indisipliner sejak awal Desember lalu. Aubameyang terakhir kali bermain pada 6 Desember saat jadi pemain pengganti di laga kontra Everton.

Gara-gara itu pula, Aubameyang juga kehilangan ban kapten Arsenal. Aubameyang malah diizinkan untuk meninggalkan Arsenal lebih cepat agar bisa bergabung dengan Timnas Gabon.

"Kami sudah menerima surat dari timnas Gabong yang meminta izin agar si pemain gabung lebih cepat karena tidak dimainkan hari ini (Jumat). Ini adalah hal terbaik yang bisa dilakukan agar dia lebih bugar dan tetap kompetitif," ujar manajer Arsenal Mikel Arteta pekan lalu.

Sebab, Aubameyang tidak diizinkan berlatih sama sekali di markas klub dan oleh karenanya, dia lebih baik mengasah fisik bersama timnas Gabon. Aubameyang sudah berada di Dubai sejak pekan lalu bersama rekan-rekannya di tim nasional.

Sayangnya, training camp itu tidak berjalan dengan baik oleh Aubameyang. Dikutip Guardian, Aubameyang dinyatakan positif COVID-19 dari hasil tes usai timnas Gabon mendarat di Kamerun, Kamis (6/1/2022).

Aubameyang pun langsung dikarantina bersama rekan setimnya Mario Lemina yang juga positif terpapar virus corona. Oleh karenanya pemain 32 tahun itu dipastikan absen saat Gabon bertemu Komoro di laga pembuka Grup C, Senin (10/1/2022).

Pierre-Emerick Aubameyang sudah punya 71 caps bersama Gabon dengan torehan 29 gol.

(mrp/pur)