6 Kontroversi di Laga Tunisia Vs Mali yang Berujung Ricuh

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 13 Jan 2022 12:00 WIB
Kartu merah.
Kontroversi wasit di laga Tunisia vs Mali pada ajang Piala Afrika 2021 (Foto: Getty Images)
Limbe -

Wasit pada laga Tunisia vs Mali di Piala Afrika 2021 menjadi sorotan. Ada 6 keputusannya yang menjadi sorotan.

Laga Grup F Piala Afrika menjadi sorotan saat Tunisia menghadapi Mali di Stade Limbe, Kamerun, Rabu (12/1/2022) waktu setempat. Laga awalnya berjalan lancar.

Setelah berimbang 0-0 di babak pertama, drama banyak muncul di paruh kedua. Tepatnya semua terjadi di 10 menit akhir pertandingan.

Mali sempat memimpin tiga menit selepas istirahat. Ibrahima Kone membawa Mali unggul 1-0.

Kemudian, Tunisia sempat dapat penalti di menit ke-77. Namun, Wahbi Khazri gagal memanfaatkannya.

Nah, usai momen itu banyak disorot keputusan wasit Janny Sikazwe, yang berasal dari Zambia. Tercatat, ia membuat 6 keputusan kontroversial.

Yang paling heboh tentu saja ketika Sikazwe menghentikan laga di menit ke-85. Laga masih kurang 5 menit sudah ia hentikan.

Namun, ia menyadari kekeliruannya. Dengan cepat ia meralat keputusannya meniup peluit panjang, dan meminta laga dilanjutkan lagi.

Kontroversi ketiga lahir saat ia memberi kartu merah kepada pemain Mali, El Bilal Toure. Namun, VAR mengeceknya karena pelanggarannya dianggap tak terlalu berat.

VAR memutuskan bahwa pemain tidak layak mendapat kartu merah. Namun, Sikazwe bersikeras pada putusannya, sehingga Mali harus bermain dengan 10 orang.

Sikazwe rupanya belum berhenti menjadi sorotan. Ia kemudian mengulangi kesalahan yang sama, dengan menghentikan laga sebelum waktu normal habis.

Tepatnya di menit ke-89 menit 45 detik. Masih ada 15 detik lagi waktu tersisa, dan Sikazwe tak memberi tambahan waktu beberapa menit meski banyak kejadian di babak kedua.

Momen itu bikin Tunisia mengamuk. Terlihat official tim protes keras ke wasit keempat. Kekalahan 0-1 pada akhirnya ditelan Tunisia.

Hasil itu membuat Tunisia gagal meraih poin di laga perdana Piala Afrika. Sementara Mali berada di posisi kedua Grup F, di bawah Gambia.

Berikut 6 Keputusan Kontroversi di Laga Tunisia Vs Mali

- Wasit Janny Sikazwe menghentikan laga di menit ke-85

- Wasit membatalkan keputusannya, meminta laga dilanjutkan

- Wasit menghukum kartu merah pemain Mali, El Bilal Toure

- VAR coba mengevaluasi putusan Sikazwe, dan hasilnya pemain Mali tidak layak dikartu mera

- Wasit menolak putusan VAR. Mali tetap kena kartu merah dan bermain 10 orang.

- Wasit bikin keteledoran lagi, dengan menghentikan laga sebelum waktu normal habis. Ia menyetop laga pada menit ke-89 45 detik. Masih ada 15 detik sebelum waktu normal habis dan ia tak memberi tambahan waktu, meski banyak kejadian di babak kedua.

- Staf Timnas Tunisia ngamuk di pinggir lapangan.

(yna/nds)