Piala Afrika 2021: Nigeria ke 16 Besar, Mo Salah Jaga Asa Mesir

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 16 Jan 2022 04:18 WIB
Egypts Mohamed Salah in action by Soriano Mane of Guinea-Bissau during the African Cup of Nations Group D soccer match between Egypt and Guinea-Bissau in Garoua, Cameroon, Saturday, Jan. 15, 2022. (AP Photo/Footografiia)
Mohamed Salah beri kemenangan untuk Mesir di Piala Afrika 2021. (Foto: AP/Footografiia)
Jakarta -

Matchday kedua Grup D Piala Afrika 2021 telah tuntas. Nigeria ke 16 besar dan Mesir berhasil menjaga peluang.

Nigeria berhadapan dengan Sudan di Stade Omnisport Roumde Adjia. Dalam laga yang dimulai pada Sabtu (15/1/2022) malam WIB, Super Eagles menang 3-1.

Gol pembuka Nigeria tercipta di menit ketiga lewat Samuel Chukwueze. Taiwo Awoniyi kemudian menggandakan skor jelang turun minum dan Moses Simon mengubahnya menjadi 3-0 saat babak kedua baru berjalan satu menit.

Sudan cuma bisa membalas satu kali di menit ke-70. Gol itu lahir lewat eksekusi penalti Walieldin Khedr.

Pada laga lainnya, Mesir sukses meraih kemenangan 1-0 melawan Guinea-Bissau di Roumde Adjia Stadium, Minggu (16/1/2022) dini hari WIB. Gol kemenangan dicetak oleh Mohamed Salah pada menit ke-69, setelah bola tembakan terukurnya melaju mulus ke dalam gawang.

Guinea-Bissau sebetulnya sempat menyamakan skor di menit ke-82 lewat Mama Balde. Wasit kemudian menganulirnya dari hasil tinjauan video assistant referee (VAR) karena ada pelanggaran lebih dulu sebelum gol.

Ini adalah kemenangan pertama Mesir setelah pada matchday pertama kalah 0-1 dari Nigeria. Mesir untuk sementara duduk di posisi kedua dengan tiga poin dan wajib menang melawan Sudan jika mau lolos.

Nigeria memimpin Grup D dengan enam poin. Tim besutan Augustine Eguavoen ini cuma butuh satu angka melawan Guinea-Bissau untuk mengunci status juara grup.

Susunan Pemain:

Guinea-Bissau: Jonas Mendes; Sori Mane, Opa Sangante, Fali Cande, Jefferson Encada, Panutche Camara (Mauro Rodrigues 88'), Moreto Cassama, Bura, Mamadu Balde, Piqueti, Steve Ambri (Jorginho 60').

Mesir: Mohamed El-Shenawy; Mahmoud El-Wensh (Mohamed Abdelmonem 46'), Ahmed Hegazi, Ayman Ashraf, Omar Kamal, Amr Al Sulaya, Abdallah Said (Trezeguet 58'), Mohamed Elneny, Mostafa Fathi (Zizo 58'), Omar Marmoush, Mohamed Salah.



Simak Video "Sudah Tahu Ada Turnamen Sepak Bola Lumpur? Lihat Nih Aksinya"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)