Aubameyang Tinggalkan Piala Afrika karena Masalah Jantung

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 17 Jan 2022 22:07 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 07: Pierre-Emerick Aubameyang of Arsenal applauds the fans after the Premier League match between Arsenal and Watford at Emirates Stadium on November 07, 2021 in London, England. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. (Foto: Ryan Pierse/Getty Images)
Yaounde -

Pierre-Emerick Aubameyang sempat mengalami masalah jantung. Striker Gabon itu dipastikan harus meninggalkan Piala Afrika lebih cepat.

Kabar Aubameyang mengalami masalah jantung mencuat beberapa waktu lalu. Penyerang 32 tahun itu didiagnosa punya lesi jantung dalam tes yang dilakukan CAF.

Masalah jantung Aubameyang muncul usai sang pemain juga sempat terpapar COVID-19 sebelumnya. Pierre-Emerick Aubameyang tak tampil di dua laga Gabon di ajang Piala Afrika 2021.

Situasi serupa juga dialami rekan senegara Mario Lemina. Kebugaran Aubameyang dan Lemina hingga kini dilaporkan belum membaik. Hal ini membuat Gabon memutuskan memulangkan kedua pemain ini dari Piala Afrika.

"Pierre-Emerick Aubameyang dan Mario Lemina harus kembali ke klub mereka untuk pemeriksaan lebih mendalam, Federasi Sepak Bola Gabon (FEGAFOOT) telah memutuskan. Kedua pemain tersebut tidak akan bisa lagi berlaga di Piala Afrika 2021 ini," bunyi pernyaataan resmi dari Federasi Sepakbola Gabon.

Aubameyang dipulangkan ke Arsenal, sedangkan Lemina balik ke klubnya OGC Nice. Keduanya bakal melakukan pemeriksaan lebih lanjut di klub mereka masing.

Sebelumnya, masalah jantung kerap menghantui banyak pesepakbola belakangan ini. Selain Pierre-Emerick Aubameyang dan Lemina terakhir yang mengalami masalah serupa adalah bek Bayern munich Alphonso Davies.

(yna/krs)