Sam Kerr, Penyerang Chelsea yang Bikin Indonesia Babak Belur

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 22 Jan 2022 07:30 WIB
MUMBAI, INDIA - JANUARY 21: Sam Kerr of Australia takes a penalty during the AFC Womens Asian Cup Group B match between Australia and Indonesia at Mumbai Football Arena on January 21, 2022 in Mumbai, India. (Photo by Thananuwat Srirasant/Getty Images)
Sam Kerr saat menendang penalti ke gawang Indonesia. Foto: Getty Images/Thananuwat Srirasant
Mumbai -

Australia berhasil membantai Indonesia 18-0 di penyisihan Grup B Piala Asia Wanita 2022. Samantha Kerr berhasil mencetak 5 gol di laga tersebut serta mencatat rekor untuk negaranya.

Kerr, 28 tahun, merupakan penyerang Chelsea. Sebelum bermain di Liga Inggris, ia sudah kenyang pengalaman tampil di kancah sepakbola Australia dan juga Amerika Serikat.

Bersama Timnas Putri Australia yang sudah dibelanya sejak 2009, Kerr juga pernah meraih gelar Piala Asia Wanita pada 2010 silam. Tak hanya itu, ia juga tampil di 3 edisi Piala Dunia dan 2 edisi Olimpiade.

Satu hal lagi, sebelum bertemu Indonesia, ia sudah berstatus top skor Timnas Putri Australia sepanjang sejarah dengan torehan 49 gol. Barisan pertahanan Indonesia jelas menjadi makanan empuk baginya.

Benar saja. Mumbai Football Arena pada Jumat (21/1/2022) sore menjadi 'ladang pembantaian', dengan Kerr sebagai eksekutor utama skuad Matildas. 18 gol bersarang di gawang Indonesia, dengan Kerr mencetak 5 di antaranya.

Hasil tersebut semakin menajamkan rekor Kerr di sepakbola putri Australia menjadi 54 gol. Namun yang paling berkesan, ia juga melewati catatan gol legenda sepakbola Australia, Tim Cahill. Eks pemain Everton itu sepanjang kariernya 'hanya' mencetak 50 gol untuk Socceroos.

SYDNEY, AUSTRALIA - JUNE 04:  Tim Cahill of Australia looks on during the international friendly match between the Australian Socceroos and Greece at ANZ Stadium on June 4, 2016 in Sydney, Australia.  (Photo by Mark Kolbe/Getty Images)Tim Cahill, legenda sepakbola Australia. Foto: Getty Images/Mark Kolbe

Makin menyenangkan buat Kerr karena rekor tersebut dibuat di India, negara asal leluhurnya. Meski lahir di dan membela Australia, ayahnya diketahui lahir di Kolkata dan neneknya orang asli India.

"Tim (Cahill) jelas seorang legenda di Australia, jadi disamakan dengannya jelas sebuah kehormatan. Tapi setiap saya mencetak gol untuk negara saya, itu juga sebuah kehormatan yang luar biasa," kata Kerr, dikutip ESPN.

"Saya tak punya banyak gol, jadi saya tetap menganggap spesial setiap gol yang saya buat. Berhasil memecahkan rekor sungguh luar biasa bagi saya, dan akan terus saya kenang."

WOLFSBURG, GERMANY - DECEMBER 16: Sam Kerr of Chelsea looks on during the UEFA Women's Champions League group A match between VfL Wolfsburg and Chelsea FC Women at AOK-Stadion on December 16, 2021 in Wolfsburg, Germany. (Photo by Stuart Franklin/Getty Images)Kerr saat membela Chelsea. Foto: Getty Images/Stuart Franklin

"Sebelum laga, saya berpikir betapa spesial laga ini untuk keluarga saya. Ini pertama kalinya saya main di India. Sungguh istimewa bisa memecahkan rekor dan melakukannya di sini, di ajang Piala Asia. Ini adalah turnamen penting bagi saya," jelas Kerr.

Australia selanjutnya masih akan bertemu Filipina pada 24 Januari dan Thailand pada 27 Januari. Catatan gol Samantha Kerr masih bisa bertambah, terlebih Australia merupakan unggulan di turnamen ini.

(adp/mrp)