Piala Afrika 2021: Tunisia Singkirkan Nigeria

Putra Rusdi K - Sepakbola
Senin, 24 Jan 2022 06:30 WIB
Tunisias forward Youssef Msakni (C)   celebrates after scoring the opening goal during the Africa Cup of Nations (CAN) 2021 round of 16 football match between Nigeria and Tunisia at Stade Roumde Adjia in Garoua on January 23, 2022. (Photo by Daniel BELOUMOU OLOMO / AFP)
Tunisia singkirkan Nigeria dari Piala Afrika 2021 (Foto: AFP/DANIEL BELOUMOU OLOMO)
Garoua -

Tunisia berhasil melaju ke babak perempat final Piala Afrika 2021. Elang Cartagena menyingkikan tim favorit juara Nigeria.

Nigeria vs Tunisia pada laga babak 16 besar Piala Afrika 2021 berlangsung di Roumde Adjia Stadium, Garoua, Kamerun, Senin (24/1/2022) dini hari WIB. Nigeria lebih diunggulkan di laga ini karena melaju ke babak 16 besar dengan poin sempurna di fase grup. Sementara, Tunisia ke fase gugur hanya dengan status sebagai peringkat ketiga terbaik.

Meski diunggulkan di atas kertas, laga ini tak serta-merta mudah untuk Nigeria. Tunisia memberi perlawanan sengit hingga babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Dua menit babak kedua berjalan, Tunisia mengejutkan Nigeria dengan bisa membuat gol. Gol lahir lewat Youssef Msakni dari tendangan keras jarak jauh.

Langkah Nigeria di laga ini semakin berat setelah Alex Iwobi mendapat kartu merah di menit ke-66. Wasit memberi kartu merah langsung ke Iwobi usai meninjau VAR. Iwobi diusir wasit akibat menginjak pergelangan kaki Msakni.

Bermain dengan 10 pemain, Nigeria gagal mengejar ketinggalan hingga laga berakhir. Skor 1-0 untuk kemenangan Tunisia menutup laga. Msakni dkk bikin kejutan dengan lolos ke perempatfinal.

Tunisia bakal bertemu Burkina Faso di babak delapan besar. Di laga sebelumnya, Burkina Faso lebih dulu memastikan tempat di perempatfinal usai menumbangkan Gabon 7-6 lewat adu penalti di Stade de Limbe.

Laga Burkina Faso vs Gabon harus ditentukan ke adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Burkina Faso membuka skor di menit ke-28 lewat Bertrand Traore. Gol ini sekaligus menebus kegagalan penalti penyerang Aston Villa tersebut 10 menit sebelumnya pada menit ke-18.

Namun, Gabon bisa memaksakan laga berlanjut ke perpanjangan waktu. Adam Guira bikin gol bunuh diri pada menit ke-90+1 hingga kedudukan jadi imbang 1-1.

Skor tak berubah hingga babak perpanjangan waktu tuntas. Pada babak tos-tosan laga harus ke babak sudden death hingga penendang ke-9. Penalti Ismahila Ou├ędraogo yang menjadi gol memastikan Burkina Faso menang 7-6 untuk melaju ke perempatfinal.



Simak Video "Usai Kudeta Presiden, Pimpinan Militer Burkina Faso Minta Bantuan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/bay)