Mesir dan Senegal Melaju, Ini Kontestan Semifinal Piala Afrika 2021

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 31 Jan 2022 08:30 WIB
Egypts Mohamed Salah, and teammates celebrate after he scored a goal against Morocco, during the African Cup of Nations 2022 quarter-final soccer match between Egypt and Morocco at the Ahmadou Ahidjo stadium in Yaounde, Cameroon, Sunday, Jan. 30, 2022. (AP Photo/Sunday Alamba)
Timnas Mesir ke semifinal Piala Afrika 2021. (Foto: AP/Sunday Alamba)
Jakarta -

Perempatfinal Piala Afrika 2021 telah tuntas. Empat negara kontestan di semifinal pun sudah didapatkan.

Kamerun selaku tuan rumah menjadi negara pertama yang melaju ke semifinal setelah mengalahkan Gambia 2-0. Karl Toko Ekambi mencetak sepasang gol kemenangan untuk Les Lions Indomitables.

Burkina Faso menjadi negara kedua yang melaju keempat besar. Tim besutan Kamou Malo itu mengalahkan Tunisia dengan skor 1-0 lewat gol Dango Ouattara.

Mesir juga melaju ke semifinal setelah mengalahkan Maroko 2-1 lewat perpanjangan waktu 2x15 menit di Ahmadou Ahidjo Stadium, Minggu (30/1/2022) malam WIB. Maroko memimpin lebih dulu lewat eksekusi penalti Sofiane Boufal di menit ketujuh.

Mesir baru menyamakan skor di menit ke-53 setelah Mohamed Salah mampu menyambar bola rebound dari skema sepak pojok. Duel ini kemudian harus lanjut ke tambahan waktu dan Trezeguet sukses melesakkan gol di menit ke-100 dengan memanfaatkan umpan Salah.

Senegal menjadi negara terakhir yang meraih tiket ke semifinal. Sadio Mane dkk. mengalahkan Equatorial Guinea dengan skor 3-1 di Ahmadou Ahidjo Stadium, Senin (31/1/2022) dinihari WIB.

Famara Diedhiou membawa Senegal memimpin di babak pertama. Equatorial Guinea menyamakan skor lewat Jannick Buyla di babak kedua, yang kemudian dibalas dengan gol-gol Cheikhou Kouyate dan Ismaila Sarr.

Burkina Faso nantinya bertemu Senegal di semifinal. Kamerun dipertemukan dengan Mesir.

Simak juga 'Mohamed Salah Antarkan Mesir ke Perempatfinal Piala Afrika 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(ran/rin)