Juara di Eropa dan Afrika, Edouard Mendy Terbaik Sedunia!

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 07 Feb 2022 19:20 WIB
Senegals goalkeeper Edouard Mendy poses with his best goalkeeper of the tournament awards after winning the African Cup of Nations 2022 final soccer match against Egypt at the Olembe stadium in Yaounde, Cameroon, Sunday, Feb. 6, 2022. (AP Photo/Sunday Alamba)
Kiper Senegal, Edouard Mendy. (Foto: Sunday Alamba/AP)
Yaounde -

Edouard Mendy sudah menjadi juara di level Eropa dan Afrika. Kiper Senegal milik Chelsea itu disebut menjadi yang terbaik di dunia.

Mendy baru saja mencatat sejarah, dengan membawa Timnas Senegal juara Piala Afrika pertama kalinya. The Lions of Teranga memenangkan edisi 2021.

Di final Piala Afrika 2021, yang berlangsung di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Senin (7/2/2022) dini hari WIB, Senegal mengalahkan Mesir. Bertanding sampai drama adu penalti, Mendy dkk menang 4-2 dalam babak tos-tosan.

Dalam drama adu penalti itu, Mendy menjadi pahlawan Senegal. Kiper 29 tahun tersebut menggagalkan satu penendang Mesir, yang turut membantu Senegal memenangkan babak tos-tosan.

Bagi Mendy, gelar ini membuatnya melengkapi capaiannya, khususnya sejak bergabung dengan Chelsea. Kini, kiper yang dibeli The Blues dari Rennes itu sudah menjadi juara di Eropa dan Afrika.

Di Eropa, Edouard Mendy sudah memenangkan gelar Liga Champions dan Piala Super Eropa bersama Chelsea. Ia juga menjadi kiper terbaik di Liga Champions musim lalu dan Kiper Terbaik Eropa oleh UEFA.

Kemudian, Mendy juga baru dianugerahi gelar Kiper Terbaik Dunia versi FIFA. Ia menyabet penghargaan kategori Best FIFA Goalkeeper 2021.

Kini, capaiannya lengkap usai menjadi juara di Piala Afrika 2021. Secara penampilan, Mendy juga tampil apik dengan membuat 2 clean sheet dari 5 penampilan, yang membuatnya juga diganjar gelar Kiper Terbaik Piala Afrika 2021.

Penampilan Mendy membuatnya panen pujian. Bek sekaligus kapten Senegal, Kalidou Koulibaly, menyebut rekannya menjadi kiper terbaik di dunia.

"Ini laga yang sulit, lawan yang sulit. Kami menyelesaikannya bersama tim dan kemampuan kami. Kiper kami yang terbaik di dunia, dan kami memenangkan gelar juara," kata Koulibaly usai laga, dilansir Daily Mail.

"Kami senang. Kami tahu betapa sulitnya menjadi juara Piala Afrika, tapi kali ini kami bisa meraihnya,"

"Tim kami layak meraih gelar. Kami sudah menunggu sangat lama dan sekarang kami mendapatkannya. Tim ini luar biasa," jelas pemain Napoli itu.

(yna/aff)