FIFA Larang Rusia Tampil di Laga Internasional!

ADVERTISEMENT

Update

FIFA Larang Rusia Tampil di Laga Internasional!

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 01 Mar 2022 01:00 WIB
Zurich -

FIFA akhirnya menjatuhkan hukuman untuk Rusia yakni dilarang tampil sama sekali di ajang internasional, termasuk Piala Dunia 2022.

Rusia dikecam dunia internasional usai mengajak Ukraina perang. Sejak Kamis (24/2/2022), Negeri Beruang Merah menghujani Ukraina dengan senjata.

Protes diserukan warga dunia. Ramai-ramai meminta Rusia diboikot di segala lini, termasuk di sepakbola.

FIFA sendiri sempat membuat keputusan akan melarang bendera dan nama Rusia muncul di ajang internasional. FIFA masih memperbolehkan Rusia tampil dengan nama RFU atau nama federasi sepakbolanya jika mau bertanding.

Namun, keputusan itu dikecam banyak pihak. FIFA dinilai masih kurang tegas memberi sanksi kepada Rusia, terkait serangannya kepada Rusia.

Sampai akhirnya, menurut AFP, FIFA membahas desakan agar Rusia dilarang tampil sama sekali. Sumber mengatakan, Rusia bisa dilarang tampil di ajang internasional, termasuk Piala Dunia 2022, sampai situasi benar-benar membaik.

FIFA akhirnya mengonfirmasi ancaman itu lewat sanksi yang resmi dijatuhkan kepada Rusia, yakni seluruh klub dan tim nasionalnya dilarang bertanding di ajang internasional.

"Semua klub Rusia dan Timnas untuk tampil di seluruh kompetisi yang berada di bawah naungan FIFA dan UEFA hingga waktu yang tidak ditentukan," ujar pernyataan resmi FIFA.

"Keputusan ini langsung diambil oleh FIFA dan juga Komite Eksekutif UEFA. Sepakbola kini bersatu dan turut bersolidaritas untuk para korban di Ukraina. Kedua presiden berharap situasi di Ukraina akan membaik secepatnya dan sepakbola bisa lagi mempersatukan orang-orang di sana sekaligus menciptakan kedamaian."

Sebelumnya, beberapa negara sudah mengambil sikap untuk tidak mau melawan Rusia. Polandia, Swedia, dan Inggris menyatakan tidak mau melawan Rusia.

Rusia sendiri kini sedang bersaing di playoff Piala Dunia 2022. Rencananya mereka akan bertanding pada 24 dan 29 Maret mendatang, yang mana Swedia dan Polandia sudah mengambil sikap tidak akan mau bertanding jika harus melawan Rusia.

Kemudian, seruan boikot juga terdengar dari Timnas Prancis. Les Bleus meminta Rusia benar-benar dicoret dari Piala Dunia 2022, desakan yang kini sedang dibahas FIFA.

Sementara UEFA, badan sepakbola Eropa, sudah mengganti Rusia sebagai tuan rumah final Liga Champions musim ini. UEFA memindahkan venue pertandingan dari Saint-Petersburg ke Paris, Prancis.

(yna/mrp)

ADVERTISEMENT