2 Pesepakbola Tewas dalam Perang Rusia Vs Ukraina

ADVERTISEMENT

2 Pesepakbola Tewas dalam Perang Rusia Vs Ukraina

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 02 Mar 2022 06:30 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - FEBRUARY 26: Everton players line up on the pitch with Ukrainian flags to indicate peace and sympathy with Ukraine prior to the Premier League match between Everton and Manchester City at Goodison Park on February 26, 2022 in Liverpool, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Dua pesepakbola tewas dalam serangan militer Rusia di Ukraina. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Perang di Ukraina telah merenggut nyawa dua pesepakbola profesional. Kabar duka itu dikonfirmasi Asosiasi Pesepakbola Profesional (FIFPRO).

Rusia melancarkan agresi ke Ukraina sejak 24 Februari 2022. Korban berjatuhan tidak hanya dari kalangan militer, tetapi juga menyasar masyarakat sipil.

Dua pesepakbola Ukraina, Dmytro Martynenko dan Vitalii Sapyo, tewas pada Selasa (1/3/2022). FIFPRO menyebut keduanya sebagai pemain sepakbola pertama yang meninggal dalam konflik bersenjata Rusia-Ukraina.

"Seluruh pikiran kami untuk keluarga, teman-teman dan rekan setim pesepakbola muda Ukraina Vitalii Sapylo (21) dan Dmytro Martnenko (25), korban sepakbola pertama yang dilaporkan dalam perang ini. Semoga keduanya beristirahat dalam damai," cuit FIFPRO di Twitter, Selasa (1/3/2022).

Dmytro Martynenko merupakan pesepakbola yang bermain untuk klub FC Hostomel. Pemain 25 tahun itu menyabet gelar pemain terbaik divisi dua Ukraina musim lalu dan menjadi pencetak gol terbanyak.

Menukil laporan Sky Sports Italia, Martynenko tewas setelah bom Rusia meledakkan apartemen tempat dia tinggal. Ibu Martynenko juga dikabarkan meninggal, sedangkan adik perempuannya yang baru berusia 7 tahun selamat dengan luka parah.

Sementara itu, Vitalii Sapylo merupakan pesepakbola yang bermain di klub divisi dua Ukraina, Karpaty Lviv. Pemain 21 tahun itu tewas dalam pertempuran di dekat Kiev.

Vitalii Sapylo tidak hanya berkarier sebagai pesepakbola, tetapi juga di dunia militer. Dia adalah perwira militer dengan pangkat komandan tank.

Agresi militer Rusia ke Ukraina mendapat kecaman internasional, hingga berujung sanksi kepada Negeri Beruang Merah. FIFA melarang klub-klub dan tim nasional Rusia berlaga di pertandingan internasional apa pun, termasuk Piala Dunia 2022 mendatang.

Simak Video '10 Tewas Dalam Serangan Rudal Rusia di Gedung Pemerintahan Kharkiv':

[Gambas:Video 20detik]



(bay/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT