Wow! Rusia Malah Ikut Bidding Tuan Rumah Euro 2028 dan 2032

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 24 Mar 2022 01:00 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 11: A large replica of the Henri Delaunay Trophy on to the pitch during the closing ceremony prior to the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by Andy Rain - Pool/Getty Images)
Rusia berniat jadi tuan rumah Euro 2028 dan 2032 (Getty Images/Andy Rain - Pool)
Moskow -

Rusia memang lagi disanksi di dunia olahraga. Tapi, itu tak menghalangi niatan Negeri Beruang Merah ikut bidding tuan rumah Euro 2028 dan 2032.

Setelah invasi ke Ukraina awal bulan ini, Rusia memang mendapat kecaman dari banyak pihak. Imbasnya juga sampai ke dunia olahraga ketika hal-hal yang berbau Rusia dilarang keras beredar.

Bahkan FIFA juga mencoret Rusia dari keikutsertaannya di Playoff Piala Dunia 2022, ditambah UEFA yang menghentikan kerjasama dengan beberapa perusahaan Rusia.

Meski tengah dikecam habis-habisan oleh dunia internasional, Rusia tak kehilangan harapan untuk bisa unjuk gigi di lapangan hijau. Persatuan Sepakbola Rusia lewat rapat komite eksekutif, Rabu (23/3/2022), membuat keputusan mengejutkan.

Rusia dipastikan akan mengikuti bidding untuk jadi tuan rumah Piala Eropa 2028 dan 2032. Untuk 2028, Rusia akan bersaing dengan Inggris Raya dan Republik Irlandia. Kabarnya Turki juga akan ikut bidding tersebut.

"Kami tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk jadi tuan rumah Euro. Semua bakal dihelat di stadion-stadion Piala Dunia dan kami juga sudah mengembangkan infrastruktur," ujar Presiden RFU Alexander Dyukov seperti dikutip AP.

Rusia terakhir kali menghelat turnamen besar adalah Piala Dunia 2018 dengan laga pembuka serta final dihelat di Luzhniki Stadium. Akankah UEFA mengizinkan Rusia memenangi salah satu bidding itu? Kita tunggu saja.

Untuk ajang Piala Eropa, Rusia belum pernah sekalipun jadi tuan rumah meski menjuarainya pada 1960, saat masih bernama Uni Soviet.

Simak juga 'FIFA Izinkan Pemain Asing Angkat Kaki dari Rusia dan Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/mrp)