Italia Gagal ke Piala Dunia 2022!

ADVERTISEMENT

Italia Gagal ke Piala Dunia 2022!

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 25 Mar 2022 04:51 WIB
Palermo -

Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Juara Eropa itu tersingkir di play-off usai dikalahkan Makedonia Utara dengan skor 0-1.

Laga Italia vs Makedonia Utara di semifinal play-off Piala Dunia 2022 digelar di Renzo Barbera, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB. Italia tampil dominan sejak awal pertandingan.

Namun, Gli Azzurri gagal memanfaatkan peluang-peluang yang didapatnya. Sebaliknya, Makedonia Utara mencetak satu-satunya gol di injury time lewat tendangan Aleksandar Trajkovski.

Dengan demikian, Italia dipastikan tidak akan tampil di Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar pada November mendatang. Ini jadi kali kedua secara beruntun Italia absen di Piala Dunia.

Sementara itu, Makedonia Utara akan memperebutkan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 melawan Portugal. Portugal menang 3-1 atas Turki di semifinal play-off.

Jalannya Pertandingan

Italia tampil agresif sejak awal awal. Meski mendominasi, tuan rumah sempat kesulitan membongkar pertahanan Makedonia Utara.

Italia mendapat peluang pada menit ke-30. Kiper Makedonia Utara Stole Dimitrievski melakukan kesalahan dengan memberikan bola kepada Domenico Berardi. Namun tendangan Berardi tak cukup keras dan Dimitrievski bisa kembali untuk menghentikan bola.

Marco Verratti menyodorkan bola kepada Ciro Immobile yang kemudian meneruskannya dengan tembakan kaki kiri. Dimitrievski masih bisa menepisnya.

Lorenzo Insigne melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi bola ditepis oleh Dimitrievski dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Italia.

Serangan Italia menghasilkan kemelut di depan gawang Makedonia Utara. Umpan Emerson diteruskan Verratti tapi bola diblok oleh pemain Makedonia Utara. Bola muntah disambar Immobile, tapi upayanya itu melebar dari gawang.

Makedonia Utara bukan tanpa peluang. Bardi memberikan umpan terobosan kepada Trajkovski yang kemudian melepaskan tembakan ke gawang. Bola masih bisa diantisipasi oleh Donnarumma.

Di awal babak kedua, Italia masih kesulitan membongkar pertahanan Makedonia Utara. Beberapa upaya Italia kerap diblok barisan pertahanan tim tamu.

Berardi mendapat sejumlah peluang, tapi tak ada yang berbuah gol. Salah satu tembakannya usai melakukan tusukan dari kanan masih mengarah ke kiper Makedonia Utara.

Musliu melakukan kesalahan dan Berardi mendapat peluang usai menerima bola dari Verratti. Namun tendangannya melambung di atas mistar gawang.

Berardi lagi-lagi mendapat peluang setelah menerima bola dari Verratti. Kali ini tendangannya dari jarak dekat diblok oleh Musliu.

Kegagalan Italia memanfaatkan peluang-peluang yang didapat akhirnya dihukum oleh Makedonia Utara. Tim tamu mencetak gol di injury time untuk merebut kemenangan.

Berawal dari tendangan gawang, pemain Makedonia Utara memenangi duel udara di lapangan tengah dan bola jatuh ke kaki Trajkovski. Trajkovski kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang gagal dijangkau oleh Donnarumma.

Susunan Pemain

Italia: Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Alessandro Bastoni, Gianluca Mancini, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne

Makedonia Utara: Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Darko Velkoski, Visar Musliu, Ezgjan Alioski; Darko Churlinov, Arijan Ademi, Enis Bardhi, Boban Nikolov; Aleksandar Trajkovski, Milan Ristovski

(nds/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT