Italia Tak ke Piala Dunia 2022, Mancini Sulit Berkata-kata

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 25 Mar 2022 10:45 WIB
PALERMO, ITALY - MARCH 24: Roberto Mancini, Head Coach of Italy makes his way towards the dressing room after the 2022 FIFA World Cup Qualifier knockout round play-off match between Italy and North Macedonia at Stadio Renzo Barbera on March 24, 2022 in Palermo, Italy. (Photo by Tullio M. Puglia/Getty Images)
Timnas Italia gagal ke Piala Dunia 2022. (Foto: Getty Images/Tullio M. Puglia)
Jakarta -

Italia didepak Makedonia dalam play-off Piala Dunia 2022. Pelatih Roberto Mancini sampai tak bisa berkata-kata.

Italia vs Makedonia Utara di semifinal play-off Piala Dunia 2022 digelar di Renzo Barbera, Palermo, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB. Italia yang tampil dominan akhirnya kalah dengan skor 0-1.

Tuan rumah gagal memanfaatkan peluang-peluang yang didapat di sepanjang pertandingan. Sebaliknya, Makedonia Utara mencetak satu-satunya gol di injury time lewat tembakan Aleksandar Trajkovski dari luar kotak penalti.

"Sulit untuk mengatakan sesuatu sekarang, saya tidak tahu harus berkata apa," kata Mancini seperti dikutip dari ESPN.

Italia juga sempat absen di Piala Dunia 2018. Gli Azzurri, yang kala itu ditangani oleh Gian Piero Ventura, disingkirkan Swedia di play-off pada 2017 dengan agregat 0-1.

Ini tentu menjadi luka yang amat dalam, terlebih mereka datang sebagai juara Euro 2020 yang digelar pada pertengahan tahun lalu.

"Musim panas tahun lalu adalah kegembiraan yang teramat indah, sekarang tibalah kekecewaan besar. Tidak mudah memikirkan hal lain, saya sangat menyesal mewakili para pemain: saya lebih menyayangi mereka malam ini daripada Juli tahun lalu," Mancini mengungkapkan.

"Saya pelatih, saya yang pertama bertanggung jawab, para pemain tidak. Mereka memiliki masa depan yang bagus, mereka adalah pemain kuat untuk masa depan tim nasional. Kami tidak pantas menerima kekalahan ini," tegasnya.

(ran/rin)