Heboh 'Gol Hantu' Peru di Markas Uruguay

Kris Fathoni W - Sepakbola
Jumat, 25 Mar 2022 19:30 WIB
Uruguays Diego Godin reacts after a 1-0 victory over Peru in a qualifying soccer match for the FIFA World Cup Qatar 2022 in Montevideo, Uruguay, Thursday, March 24, 2022. (Raul Martinez /Pool via AP)
Uruguay vs Peru. Foto: AP/Raul Martinez
Jakarta -

Uruguay memastikan tiket lolos ke Piala Dunia 2022 usai menang 1-0 atas Peru. Tapi ada kehebohan yang mengiringi hasil itu, terkait keputusan wasit.

Duel Uruguay vs Peru di Estadio Centenario, Montevideo, Jumat (25/3) pagi WIB, menjadi salah satu yang menentukan di zona CONMEBOL mengingat sebelum duel itu kedua tim masih bersaing mengejar posisi empat besar.

Pada prosesnya, gol tunggal Giorgian De Arrascaeta memastikan kemenangan buat Uruguay yang sekaligus dipastikan lolos langsung ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sementara itu Peru, yang kini ada di posisi kelima, harus bersaing dengan dua tim lain untuk memperebutkan tiket play-off.

Nah, di babak kedua Uruguay vs Peru, ada satu momen yang kemudian memicu perdebatan. Sekilas mata, Peru terlihat bikin gol penyama skor setelah kiper Sergio Rochet tampaknya menangkap bola melewati garis gawangnya.

Disebut SportBible, wasit memutuskan bahwa tidak ada gol dalam kejadian tersebut. Tapi dari sejumlah video tayangan ulang di media sosial, ada anggapan bahwa Peru sudah dirampok atas gol penyama skor.

Reuters menyatakan bahwa wasit menyatakan bola tidak melewati garis dan juga tidak melakukan tinjauan ulang dengan Video Assistant Referee (VAR).

"Aku sudah minta (ke wasit) untuk mengeceknya dan ia mengaku sudah melakukan itu. Tapi semua orang bilang itu gol dan aku pun sudah melihat gambar-gambarnya. Itu sungguh gol. Lihat dan cek saja VAR-nya," ucap bek Alexander Callens.

Di sisi lain, pada prosesnya muncul pula adegan yang sama dari sudut pandang berbeda. Kali ini potongan video tersebut memperlihatkan bahwa keputusan tidak gol sudah tepat.

Dalam video tersebut, bola di tangan kiper Sergio Rochet tampak belum sepenuhnya melintasi garis gawang. Dengan kata lain, dalam perspektif video yang kedua ini, kemenangan Uruguay atas Peru dengan skor 1-0 dianggap sudah tepat.

(krs/rin)