ADVERTISEMENT

Senegal Vs Mesir: Sadio Mane Cs ke Piala Dunia 2022, Depak Salah dkk

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 30 Mar 2022 03:00 WIB
Jakarta -

Sadio Mane menjadi penentu Senegal ke Piala Dunia 2022 di Qatar lewat adu penalti lawan Mesir. Hasil ini diwarnai eksekusi Mohamed Salah yang melebar.

Senegal vs Mesir berlangsung di Stade Me Abdoulaye Wade dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB. Mesir datang dengan mengantongi keunggulan 1-0 di leg pertama.

Senegal mampu membuat Mesir dalam tekanan di awal laga dengan memimpin 1-0 di menit keempat lewat Boulaye Dia. Sampai laga tuntas di waktu normal dan tambahan 2x15, tak ada gol lagi yang tercipta dan duel harus lanjut ke adu penalti karena agregat 1-1.

Dalam adu penalti, Senegal menang 3-1. Mohamed Salah selaku menendang pertama Mesir gagal mencetak gol dan Sadio Mane dari Senegal menjadi penentu.

Jalannya Pertandingan

Senegal sukses mencuri gol cepat di menit keempat lewat Boulaye Dia, setelah terjadi kemelut di mulut gawang dari hasil tembakan bebas.

Gol tersebut membuat Mesir seperti di bawah tekanan, terlebih menghadapi puluhan ribu suporter Senegal. Alhasil, sampai laga berjalan setengah jam, Mohamed Salah dkk. lebih banyak main bertahan.

Kiper Mesir, Mohamed Elshenawy, melakukan penyelamatan gemilang ketika menepis tendangan jarak jauh Youssouf Sabaly. Sampai turun minum, Mesir berhasil mempertahankan gawangnya untuk tidak kebobolan lagi.

Senegal masih mengambil kendali permainan di babak kedua. Para pemain Mesir sampai harus melakukan pelanggaran sebelum Sadio Mane dkk. masuk ke kotak penalti.

Mesir bukan cuma harus berjuang mengatasi serangan Senegal. Tim besutan Carlos Queiroz juga mendapatkan serangan laser dari suporter lawan.

Ismaila Sarr buang peluang emas di menit ke-82. Sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Mesir, bola tembakan bola pemain milik Watford itu malah melebar dari target.

Mesi beberapa kali berupaya melakukan perlawan. Melalui aksi individu untuk menembus kotak penalti, upaya mereka masih dapat dimentahkan barisan pertahanan Senegal.

Tak ada gol tambahan sampai waktu normal tuntas. Duel ini kemudian harus berlanjut ke tambahan waktu 2x15 menit karena agregat sama kuat 1-1.

Senegal punya peluang emas di menit ke-94 pada babak satu tambahan waktu. Bola tembakan Sarr dari jarak dekat yang sudah sangat bebas masih bisa ditepis oleh Mohamed Elshenawy.

Gempuran terus dilancarkan Senegal. Ada beberapa peluang emas lagi tercipta, namun tidak ada yang kunjung menghasilkan gol sampai jeda.

Mesir benar-benar tidak berkutik. Mereka harus dipaksa main bertahan, masih kalah determinasi dari Senegal di extra time.

Masih tak ada gol tercipta dalam babak tambahan 2x15 menit. Penentuan siapa yang berangkat ke Piala Dunia 2022 pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Senegal menjadi tim yang melakukan eksekusi pertama dengan diwakili oleh Kalidou Koulibaly, namun bola tembakannya bisa ditepis. Mohamed Salah menjadi penendang pertama Mesir dan bola tembakannya melenceng.

Saliou Ciss selaku eksekutor kedua Senegal juga gagal mencetak gol, Di sisi lain Mesir juga belum bisa mencetak gol karena bola tembakan Zizo melebar.

Senegal akhirnya bisa memimpin 1-0 di adu penalti lewat penendang ketiga, yakni Ismaila Sarr. Mesir menyamakan skor 1-1 lewat eksekusi Al-Sulaya yang juga penendang ketiga.

Bamba Dieng selaku penendang keempat mampu membawa Senegal memimpin 2-1. Mostafa Mohamed dari Mesir gagal menyamakan skor lewat penembak keempatnya itu.

Sadio Mane berhasil menuntaskan pertarungan ini. Bola tembakannya berhasil masuk ke gawang dan mengantarkan Senegal merebut tiket ke Piala Dunia 2022 di Qatar dengan skor adu penalti 3-1.

Susunan Pemain:

Senegal: 16-Edouard Mendy; 21-Youssouf Sabaly, 4-Pape Cisse, 3-Kalidou Koulibaly, 2-Saliou Ciss; 6-Namplays Mendy, 5-Idrissa Gueye; 20-Bouna Sarr, 18-Ismaila Sarr, 10-Sadio Mane; 9-Boulaye Dia.

Mesir: 1-Mohamed Elshenawy; 13-Ahmed Fatouh, 6-El Hanafi, 15-Omar Gaber (12-Ashraf 30'), 14-Rami Rabia (8-Ashour 38'); 4-Al-Sulaya, 17-Mohamed Elneny, 5-Hamdi Fati; 19-Omar Marmoush, 7-Trezeguet, 10-Mohamed Salah.

(ran/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT