Bolivia Vs Brasil: Selecao Menang Telak 4-0

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 30 Mar 2022 08:41 WIB
LA PAZ, BOLIVIA - MARCH 29: Lucas Paqueta of Brazil shoots to score the opening goal during a match between Bolivia and Brazil as part of FIFA World Cup Qatar 2022 Qualifier at Hernando Siles Stadium on March 29, 2022 in La Paz, Bolivia. (Photo by Javier Mamani/Getty Images)
Brasil menggasak tuan rumah Bolivia 4-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Foto: Getty Images/Javier Mamani)
La Paz -

Brasil meneruskan tren tidak terkalahkan di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Selecao menang mudah atas tuan rumah Bolivia dengan skor 4-0.

Bertanding di Estadio Hernando Siles, Rabu (30/3/2022) dinihari WIB, gol-gol Brasil dibuat oleh tiga pemain yang berbeda. Mereka adalah Lucas Paqueta, Richarlison (dua gol), dan Bruno Guimares.

Dengan hasil ini Brasil, yang sudah dipastikan lolos ke putaran final jauh-jauh hari, tetap memuncaki klasemen CONMEBOL. Selecao mengoleksi 45 poin dari 17 pertandingan, unggul enam poin dari Argentina di posisi kedua.

Sementara itu nasib Bolivia juga tidak berubah. Bolivia, yang sudah tereliminasi, menyudahi kualifikasi di peringkat sembilan atau terbawah kedua usai mendulang 15 poin.

Paqueta membuka keunggulan Brasil saat pertandingan berjalan 24 menit. Di tengah kepungan pemain lawan, Bruno Guimares mengirim umpan terobosan yang membebaskan Paqueta. Pemain yang disebut terakhir menyelesaikan dengan sepakan mendatar untuk mengubah skor 1-0.

Jelang turun minum, Richarlison memperbesar keunggulan Brasil menjadi 2-0. Brasil membangun serangan dari sayap kanan lalu Richarlison, yang berdiri tidak terkawal menuntaskan sebuah umpan silang mendatar dengan sontekan dari jarak dekat.

Bruno Guimares mencetak gol ketiga Brasil di menit ke-66. Brasil memaksimalkan kesalahan Franz Gonzalez yang kehilangan bola di lapangan tengah, kemudian Lucas Paqueta menguasai bola liar sebelum mengirim umpan lambung yang diteruskan Guimares dengan tendangan voli kaki kanan. Bolivia 0, Brasil 3.

Di injury time, Richarlison melengkapi dominasi Brasil atas Bolivia dengan membukukan gol keduanya di pertandingan ini sekaligus menjadikan skor 4-0.

Lemparan ke dalam Dani Alves di sisi kanan lapangan, diteruskan Bruno Guimares dengan umpan tarik yang disambut Rodrygo dengan sepakan mendatar. Kiper Ruben Cordano menepis, tapi bola rebound jatuh di jalur Richarlison yang dengan mudah menceploskan bola dari dekat tiang.


Susunan Pemain
BOLIVIA: Cordano, Sagredo, Fernandez, Quinteros, Villarroel, Vaca, Carrasc, Villamil, Chura (Gonzalez 46'), Herrera (Martinez 46'), Martins

BRASIL: Alisson, Dani Alves, Alex Telles (Arana 84'), Marquinhos, Eder Miltao, Coutinho (Martinelli 54'), Fabinho, Bruno Guimares, Lucas Paqueta (Arthur 77'), Richarlison, Antony (Rodrygo 77')

(rin/ran)