Mo Salah Mau Pensiun dari Timnas Mesir?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 31 Mar 2022 15:20 WIB
Egypts Mohamed Salah, right, with teammates greets fans after winning a qualifying soccer match 1-0 against Senegal for the FIFA World Cup Qatar 2022 at Cairo International stadium in Cairo, Egypt, Friday, March 25, 2022. (AP Photo/Amr Nabil)
Mohamed Salah pensiun dari Timnas Mesir? (AP/Amr Nabil)
Dakkar -

Dua kegagalan besar beruntun didapat Mohamed Salah bersama Timnas Mesir. Pemain Liverpool itu pun mengindikasikan pensiun dari timnas. Duh!

Salah gagal membawa Mesir melaju ke Piala Dunia 2022 setelah kalah dari Senegal pada leg kedua babak ketiga Kualifikasi, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB kemarin.

Setelah agregat berimbang 1-1 selama 120 menit, Senegal mengalahkan Mesir lewat adu penalti. Salah sebagai eksekutor pertama Mesir gagal karena tembakannya melayang.

Ini tentu mengecewakan Salah yang diharapkan betul bisa melajukan Mesir ke Piala Dunia 2022. Apalagi pada Piala Dunia 2018, Salah juga tidak bisa tampil maksimal setelah mendapat cedera bahu di final Liga Champions.

Tapi, tahun ini lebih menyakitkan karena Salah dan Mesir juga gagal meraih trofi Piala Afrika Februari lalu, lagi-lagi dikalahkan Senegal lewat adu penalti. Dua hasil mengecewakan beruntun ini disebut-sebut sudah bikin Salah down.

Meski masih berusia 30 tahun, Salah merasa sumbangsihnya untuk Mesir sudah mentok dan ingin memberikan tongkat estafet kepada generasi penerusnya. Dalam video yang viral di Twitter, Salah seperti memberikan pidato perpisahan kepada rekan-rekannya di ruang ganti usai laga kontra Senegal.

"Saya bilang kepada kalian semua sebelum leg kedua ini, bahwa saya bangga bermain dengan kalian semua dan kalian semua adalah pemain paling berdedikasi yang pernah saya lihat," ujar Salah seperti dikutip Daily Mail.

"Saya pernah bermain dengan generasi sebelum ini bersama Wael Gomaa dan Mohamed Aboutrika, lalu dengan Abdallah El-Said dan generasi setelahnya. Dan saya bangga sekali dengan generasi sekarang," sambungnya.

"Saya bangga bermain dengan kalian semua dan apa yang terjadi di luar kontrol kita karena itu adalah adu penalti, dan ini untuk kedua kalinya.

"Saya tidak bisa bilang apa-apa lagi, tapi sebuah kehormatan untuk bermain bareng kalian, terlepas saya masih di timnas atau tidak setelahnya," tutup Salah.

Menteri Olahraga Mesir Ashraf Sobhi yang kebetulan ada di ruang ganti langsung memotong pidato Salah."Kamu tetap di sini (timnas)."

Mohamed Salah sudah punya 84 caps dan 47 gol bersama Timnas Mesir sejak debut pada 2011.

(mrp/krs)