ADVERTISEMENT

Messi Punya 11 Gelar Juara Liga, Lebih Banyak Ketimbang PSG!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 25 Apr 2022 10:00 WIB
Soccer Football - Ligue 1 - Paris St Germain v RC Lens - Parc des Princes, Paris, France - April 23, 2022  Paris St Germains Lionel Messi celebrates scoring their first goal REUTERS/Christian Hartmann
Lionel Messi punya 11 trofi juara liga, lebih banyak ketimbang PSG (REUTERS/CHRISTIAN HARTMANN)
Paris -

Paris Saint-Germain berhasil meraih titel Liga Prancis ke-10 mereka. Tapi, total trofi juara liga Les Parisiens masih kalah dari Lionel Messi.

PSG memang cuma bermain imbang 1-1 kontra Lens di Parc des Princes, Minggu (24/4/2022) dini hari WIB kemarin. Messi membawa PSG unggul di menit ke-63 lewat sepakan keras ke gawang Keylor Navas.

Tapi, Lens membuyarkan kemenangan itu lewat gol Corentin Jean dua menit jelang waktu normal habis. Meski gagal menang, PSG sudah bisa mengunci gelar juara Ligue 1.

Sebab PSG kukuh di puncak klasemen dengan 78 poin dari 34 laga, unggul 16 angka dari Olympique Marseille saat itu yang baru bermain 33 kali. Selisih itu sudah pasti tidak terkejar lagi di sisa lima laga.

Gelar ini bak jadi obat penyembuh luka untuk PSG yang gagal melaju jauh di Piala Prancis dan terutama Liga Champions. Di Liga Champions, PSG disingkirkan Real Madrid di babak 16 besar dengan agregat 2-3.

Bagi PSG ini adalah gelar Liga Prancis ke-10 sepanjang sejarah klub atau yang kedelapan dari 10 musim terakhir. PSG cuma gagal jadi juara pada 2017 (AS Monaco) dan 2021 (Lille).

PSG kini menyamai rekor Saint Etienne sebagai klub paling sering menjuarai Ligue 1. Melihat Saint Etienne yang medioker saat ini, PSG sepertinya bisa berlari sendirian mulai musim depan.

Meski demikian, total trofi liga PSG ternyata masih kalah ketimbang pemainnya sendiri, Messi. Ya, Messi untuk pertama kalinya mampu menjuarai liga di luar LaLiga yang selama ini diraih bersama Barcelona.

Itu jadi gelar liga ke-11 sepanjang karier pemain asal Argentina tersebut! Titel juara liga pertama Messi didapat pada 2004/2005 saat berusia 18 tahun. Sayangnya, performa pemain 34 tahun tersebut belum memuaskan.

Lionel Messi cuma bikin sembilan gol dan 13 assist dari 30 pertandingan musim ini.

(mrp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT