UEFA Nations League: Ronaldo 2 Gol, Portugal Sikat Swiss 4-0

ADVERTISEMENT

UEFA Nations League: Ronaldo 2 Gol, Portugal Sikat Swiss 4-0

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Senin, 06 Jun 2022 03:49 WIB
Jakarta -

Portugal menang 4-0 atas Swiss pada laga kedua UEFA Nations League 2022/2023. Cristiano Ronaldo bikin 2 gol dan dua lainnya oleh William Carvalho-Joao Cancelo.

Portugal menghadapi Swiss di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Senin (6/6/2022) dini hari WIB, dalam lanjutan Grup A2 UEFA Nations League 2022/2023. Baru tujuh menit berjalan, Portugal kebobolan namun selamat.

Umpan sepak pojok Xherdan Shaqiri memicu kemelut. Bola lantas disambar oleh Haris Seferovic, tapi Video Assistant Referee (VAR) meninjau gol ini dan menyatakan Fabian Schar lebih dulu melakukan handball.

GOL! Portugal balas mengancam dan berhasil unggul pada menit ke-15. Eksekusi tendangan bebas Cristiano Ronaldo dihalau oleh Gregor Kobel. Namun bola rebound dituntaskan William Carvhalho ke dalam gawang.

Portugal menggandakan keunggulan pada menit ke-35. Bruno Fernandes menemukan bola di sisi kanan lalu mengirim umpan silang yang dikuasai Diogo Jota. Jota meneruskannya ke Ronaldo yang berdiri bebas, lalu diselesaikan penyerang veteran itu di kesempatan pertama.

Hampir gol ketiga Portugal hadir pada menit ke-37. Jota lolos dan menerima umpan terukur dari Joao Cancelo. Tapi ia menahan bola terlalu lama sehingga kiper bisa menghalaunya pada momen tembakan dilakukan.

GOL! Portugal benar-benar mencetak gol ketiga semenit berselang. Tembakan Jota memanfaatkan umpan baik dari Nuno Mendes ditepis Gregor Kobel. Ronaldo muncul dan mencocor bola ke dalam gawang.

Gantian Portugal menyaksikan golnya dianulir pada menit ke-51. Usai tendangannya dihalau Kobel, Ronaldo sukses menceploskan bola rebound. Akan tetapi Otavio lebih dulu offside saat serangan dibangun.

GOL! Portugal memimpin 4-0 pada menit ke-68. Antisipasi buruk dari Kobel membuatnya gagal menyapu bola, memuluskan langkah Cancelo mencetak gol.

Portugal hampir mendapatkan penalti pada menit ke-83, saat Nuno Mendes jatuh di bawah tekanan Kevin Mbabu. Tapi VAR lantas mengubah keputusan karena pelanggaran terjadi masih di luar kotak penalti.

Ronaldo mengambil tendangan bebas tersebut dan sepakannya dihalau oleh kiper. Sampai pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta.

Kemenangan telak ini mengangkat Portugal ke posisi dua klasemen dengan empat poin dari dua laga. Republik Ceko memimpin dengan nilai empat namun unggul selisih gol, sementara Spanyol di urutan ketiga dengan dua poin dan Swiss belum mendapatkan apapun dari dua partai.

Susunan pemain:

Portugal: Rui Patricio; Nuno Mendes, Danilo Pereira, Pepe, Joao Cancelo; Bruno Fernandes (Bernardo Silva 67'), William Carvalho, Ruben Neves (Joao Palhinha 77'); Diogo Jota (Ricardo Horta 68'), Cristiano Ronaldo, Otavio (Rafael Leao 77')

Swiss: Gregor Kobel; Kevin Mbabu, Fabian Schar, Fabian Frei, Ricardo Rodriguez (Okafor 62'); Renato Steffen (Bottani 70'), Granit Xhaka; Djibril Sow (Gavranovic 81'(Matheus Nunes 84')), Xherdan Shaqiri (Remu Freuler 70'), Jordan Lotomba; Haris Seferovic (Breel Embolo 62')

(raw/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT