ADVERTISEMENT

Hore! Kroasia Akhirnya Bisa Kalahkan Prancis

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 14 Jun 2022 16:20 WIB
PARIS, FRANCE - JUNE 13: Luka Modric of Croatia (C) celebrates with his teammates after winning France during the UEFA Nations League League A Group 1 match between France and Croatia at Stade de France on June 13, 2022 in Paris, France. (Photo by Marcio Machado/Eurasia Sport Images/Getty Images)
Timnas Kroasia akhirnya bisa kalahkan Prancis (Getty Images/Eurasia Sport Images)
Paris -

Selalu ada yang pertama untuk segala hal, termasuk kemenangan. Kroasia akhirnya bisa mengalahkan Prancis setelah selama ini gagal. Top!

Kroasia bertandang ke Stade de France, Selasa (14/6/2022) dinihari WIB tadi, dalam lanjutan laga keempat Grup A Liga A UEFA Nations League 2022/2023. Kroasia memang tampil bertahan sedari menit awal.

Mereka cuma membuat empat attempts sepanjang 90 menit, dengan salah satunya jadi gol lewat penalti Luka Modric di menit kelima. Gol itu tidak bisa dibalas oleh para pemain Prancis hingga akhir laga.

Meski menurunkan Karim Benzema, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Christopher Nkunku, Prancis tidak berkutik. Alhasil mereka pun harus tersingkir lebih cepat dari turnamen yang dimenangi tahun lalu.

Sementara, Kroasia menjaga kans lolos ke semifinal karena ada di posisi kedua klasemen dengan tujuh poin dari empat laga, selisih dua angka dari Denmark di puncak.

Kemenangan yang melegakan Kroasia karena sebelumnya mereka begitu sulit mengalahkan Prancis. Ini adalah kali pertama Vatreni menundukkan Les Bleus setelah gagal di sembilan percobaan pertama.

Sebelumnya, Kroasia cuma meraih tiga hasil imbang dan sembilan kekalahan, termasuk dengan skor 2-4 di final Piala Dunia 2018. Kroasia juga menegaskan laju apiknya karena cuma kalah sekali dari 13 pertandingan terakhirnya, delapan menang dan empat imbang.

Kroasia juga mampu meraih lima clean sheet dari enam laga tandang terakhirnya dan hanya sekali gagal bikin gol di 12 laga UEFA Nations League.

"Tak diragukan lagi ini adalah salah satu kemenangan terbaik saya. Setelah kalah 0-3 dari Austria, beberapa tim punya skuad mumpuni untuk bangkit. Hanya mereka yany punya kebanggaan dan karakter bisa melakukan itu," ujar pelatih Kroasia Zlatko Dalic di situs resmi UEFA.

"Setelah Piala Dunia, kami memang kesulitan menghadapi Prancis. Kemenangan atas juara dunia ini begitu luar biasa," sambungnya.

(mrp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT