ADVERTISEMENT

Berkat Lionel Messi, PSG Untung Rp 10,9 T

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 24 Jun 2022 17:40 WIB
PARIS, FRANCE - AUGUST 11: Fans wait outside the Parc des Princes for the introduction ceremony of Argentinian striker Lionel Messi for Paris Saint-Germain (PSG) in Paris, France on August 11, 2021. (Photo by Alaattin Dogru/Anadolu Agency via Getty Images)
Lionel Messi bikin PSG untung Rp 10,9 triliun. (Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)
Paris -

Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat Messi.

Pemain terbaik dunia tujuh kali tersebut cuma menyumbang 11 gol dan 15 assist dalam 34 penampilan bersama PSG di sepanjang 2021/2022. Performa redup Messi setali tiga uang dengan kegagalan PSG usai tersingkir lebih awal dari Liga Champions, sekalipun memenangi gelar juara Ligue 1.

Akan tetapi, ada sesuatu yang layak untuk dirayakan dengan kehadiran Messi di Parc des Princes. Laporan Marca menyebutkan, PSG memperoleh pemasukan sebesar nyaris 700 juta euro (sekitar Rp 10,9 triliun).

Les Parisiens belum pernah mencapai pendapatan sebesar itu dalam semusim. Pendapatan itu berasal dari sponsor dan penjualan merchandise. Setidaknya PSG kedatangan 10 sponsor baru usai diperkuat penyerang berusia 35 tahun itu.

"Kami sudah pasti melihat perkembangan di beberapa area di mana kami dulu bisa mencapai kesepakatan di antara 3-5 juta, dan sekarang kesepakatannya di antara 5-8 juta. Jadi dampaknya sangat besar," kata Direktur PSG yang mengurusi sponsor Marc Amstrong.

Pada musim lalu, PSG berhasil menjual sekitar sejuta kaus di mana hampir 60% di antaranya bertuliskan nama Messi dan nomor 30 di punggung. Selain itu PSG sudah menyamai pendapatan di sepanjang 2020/21 saat mencapai 41 juta euro ketika musim 2021/22 masih berlangsung separuh juga karena Messi.

"Permintaannya naik 30 atau 40% dan yang hanya bisa memperlambatnya hanyalah suplai. Ketika perekrutan sebesar ini terjadi seperti [Cristiano] Ronaldo ke [Manchester] United, contohnya, anda mungkin berpikir dia akan digaji dari penjualan kaus, tapi bukan karena itu. Anda toh tidak bisa memproduksi banyak kaus tambahan."

"Kami sudah berhasil menjual banyak sekali jersey, mungkin lebih baik daripada tim manapun di dunia untuk seorang pemain, dan itu menempatkan kami di level yang berbeda."

Selain pendapatan yang fantastis, Lionel Messi juga mendatangkan banyak penggemar baru. PSG kini memiliki total 150 juta pengikut di berbagai media sosial top.

"Kami memperoleh rata-rata 1,4 juta per pekan dan kami adalah klub pertama yang mencapai 10 dan 20 juta pengikut di TikTok atau merek top Prancis di Instagram," imbuh Armstrong menjelaskan pengaruh positif Lionel Messi terhadap PSG.



Simak Video "PSG Jual Tiket NFT Japan Tour 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT