ADVERTISEMENT

Ronaldo Kok Masuk Nominasi Ballon d'Or 2022?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 13 Agu 2022 14:30 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - AUGUST 07: Cristiano Ronaldo of Manchester United in action during the Premier League match between Manchester United and Brighton & Hove Albion at Old Trafford on August 07, 2022 in Manchester, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Cristiano Ronaldo masuk dalam daftar 30 calon pemenang Ballon d;Or 2022 (Getty Images/Michael Regan)
Paris -

Di saat Lionel Messi tidak masuk nominasi Ballon d'Or 2022, Cristiano Ronaldo justru ada di daftar. Kok, bisa?

Majalah France Football selaku penggagas Ballon d'Or sudah mengumumkan 30 calon pemenang trofi tersebut. Dari 30 nama itu, Messi dan Neymar tidak termasuk.

Ini menjadi kejutan mengingat Messi adalah pemenang edisi tersebut tahun lalu. Apalagi Messi sejak 2006 selalu masuk daftar nominator dan memenangi tujuh di antaranya, sebuah rekor.

Wajar jika publik mempertanyakan ketiadaan Messi di daftar tersebut. Sebab Messi mampu membawa Paris Saint-Germain juara Liga Prancis dan Timnas Argentina memenangi Finalissima 2022.

Ketika Messi tidak masuk, nama Ronaldo malah ada untuk bersaing memenangi Ballon d'Or. Padahal Ronaldo tidak bisa membawa Manchester United meraih trofi dan gagal finis empat besar Premier League.

Menurut France Football, Ronaldo lebih pantas masuk nominasi karena tolak ukurnya adalah statistik. Messi musim lalu cuma bikin 11 gol dan 15 assist.

Sementara, Ronaldo adalah top scorer MU dengan 32 gol di seluruh kompetisi. Ini termasuk 18 gol di Premier League dan ada dua hat-trick dicetaknya.

Selain itu, pesepakbola 37 tahun tersebut berhasil mencatatkan diri sebagai top scorer sepanjang masa di level timnas dengan 117 gol.

"Statistik berkata sebaliknya. Ronaldo menjadi top scorer di level internasional dengan 117 gol. Dia begitu penting melajukan MU di fase grup Liga Champions dengan empat gol penentu yang memberikan tujuh poin untuk Man United," ujar jurnalis France Football Emmanuel Bojan seperti dikutip Daily Mail.

"Di Premier League, dia bikin 18 gol termasuk dua kali hat-trick. Ada total 32 gol dari 49 laga, memang bukan statistik terbaiknya tapi cukup untuk masuk ke deretan 30 besar pemain terbaik dunia."

(mrp/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT