ADVERTISEMENT

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Brasil Vs Argentina Resmi Batal!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 17 Agu 2022 05:00 WIB
SAO PAULO, BRAZIL - SEPTEMBER 05: Lautaro Martinez of Argentina fights for the ball with Danilo of Bolivia during a match between Brazil and Argentina as part of South American Qualifiers for Qatar 2022 at Arena Corinthians on September 05, 2021 in Sao Paulo, Brazil. (Photo by Alexandre Schneider/Getty Images)
Brasil vs Argentina akhirnya dibatalkan! (Getty Images/Alexandre Schneider)
Sao Paulo -

Brasil dan Argentina akhirnya bisa bernapas lega. Sebab, keduanya tidak harus melakoni partai tunda Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Duel Brasil vs Argentina di Sao Paulo, Senin (6/9/2021) dini hari WIB kala itu sudah berjalan lima menit. Namun, tiba-tiba saja pertandingan dihentikan karena adanya intervensi Otoritas kesehatan Brasil (Anvisa) dan kepolisian setempat.

Mereka memasuki lapangan sekaligus meminta pertandingan dihentikan karena adanya pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan empat pemain Argentina, yakni Emiliano Martinez, Emiliano Buendia, Giovani Lo Celso dan Cristian Romero,

Keempat pemain itu dinyatakan tidak mengikuti karantina wajib setelah datang dari London. Awalnya pertandingan itu diminta untuk tetap dilakukan saat jeda internasional September nanti.

Permintaan FIFA tersebut disambut negatif oleh federasi sepakbola Brasil maupun Argentina, karena merasa laga itu tidak perlu diulang. Sebab, keduanya sudah memastikan lolos ke putaran final di Qatar sebagai juara dan runner-up kualifikasi zona Amerika Selatan.

FIFA pun sempat ingin menjatuhkan sanksi kepada Brasil dan Argentina karena dituduh tidak mematuhi aturan berlaku. Padahal CONMEBOL dan AFA merasa para pemain akan dirugikan jika duel itu tetap dihelat.

Ada risiko cedera dan skorsing yang mengintai para pemain, yang bisa merugikan tim jelang Piala Dunia 2022. Dikutip AP, keinginan CONMEBOL dan AFA akhirnya terwujud juga setelah banding mereka diterima pengadilan arbitrase olahraga (CAS).

FIFA mau tak mau harus mengizinkan pertandingan itu dibatalkan dan memberikan kans untuk kedua tim mengadakan pertandingan friendly menghadapi tim lain.

(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT