Daftar Negara yang Sudah Lolos ke Semifinal UEFA Nations League 2022-23

ADVERTISEMENT

Daftar Negara yang Sudah Lolos ke Semifinal UEFA Nations League 2022-23

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 26 Sep 2022 12:20 WIB
VIENNA, AUSTRIA - SEPTEMBER 25: Luka Modric of Croatia celebrates with team mates at full ltime during the UEFA Nations League League A Group 1 match between Austria and Croatia at Ernst Happel Stadion on September 25, 2022 in Vienna, Austria. (Photo by Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images)
Kroasia, salah satu semifinalis UEFA Nations League 2022-23. Foto: Getty Images/Robbie Jay Barratt - AMA
Jakarta -

Fase Grup UEFA Nations League 2022-23 akan selesai pada September ini. Dua negara sudah lolos ke semifinal, dan masih ada empat negara yang bertarung untuk memperebutkan dua slot tersisa. Siapa saja?

Seperti diketahui, UEFA Nations League terbagi menjadi empat divisi berdasarkan peringkat negara masing-masing. Tiga divisi terbawah bertarung memperebutkan tiket promosi dan degradasi, sedangkan divisi teratas mengejar trofi juara.

Liga A, demikian divisi teratas disebut, menghadirkan empat semifinalis yang berstatus pemuncak klasemen akhir di grup masing-masing. Saat ini, sudah ada dua negara yang memastikan tiket empat besar.

Partama yakni Kroasia. Finalis Piala Dunia 2018 itu menutup klasemen akhir Grup A1 dengan 13 poin, unggul satu angka dari Denmark yang finis di urutan kedua. Pada penyisihan grup, mereka juga menang atas Prancis yang berstatus juara bertahan.

Kedua yakni Belanda. Skuad asuhan Louis van Gaal tampil dominan di fase grup dengan meraih lima kemenangan dan sekali imbang dalam enam laga, termasuk menumbangkan Belgia dua kali. Mereka memuncaki klasemen akhir Grup A4 dengan 16 poin.

Dua tiket semifinal lainnya akan masih bisa diperoleh Spanyol dan Portugal di Grup A2 serta Hungaria dan Italia di Grup A3. Mereka semua baru bertanding lima kali dan akan saling bertemu di laga terakhir pada Selasa (27/9) pukul 01.45 WIB.

Portugal ada di posisi puncak dengan 10 poin, disusul Spanyol dengan 8 poin. Itu artinya, La Furia Roja harus menang atas Cristiano Ronaldo dkk jika ingin lolos ke empat besar. Sedangkan hasil imbang sudah cukup bagi Selecao das Quinas.

Situasi serupa juga dialami Italia (8 poin) dan Hungaria (10 poin). Gli Azzurri wajib menang di Budapest jika ingin melaju ke fase akhir. Babak semifinal dan final UEFA Nations League 2022-23 akan digelar pada Juni 2023.

Negara yang sudah lolos ke semifinal UEFA Nations League 2022-23:

1. Kroasia
2. Belanda
3. Portugal atau Spanyol
4. Hungaria atau Italia

(adp/aff)

ADVERTISEMENT