Richarlison Jadi Korban Rasisme, FIFA Lakukan Investigasi

ADVERTISEMENT

Richarlison Jadi Korban Rasisme, FIFA Lakukan Investigasi

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 29 Sep 2022 09:00 WIB
PARIS, FRANCE - SEPTEMBER 27: Public throw a Banana to the pitch as Richarlison of Brazil reacts during the Friendly International match between Brasil and Tunisia at Parc des Princes on September 27, 2022 in Paris, France. (Photo by Jonathan Moscrop/Getty Images)
Richarlison jadi korban pelecehan rasial, FIFA lakukan investigasi (Getty Images/Jonathan Moscrop)
Zurich -

Richarlison baru saja jadi korban serangan berbau rasial saat membela Timnas Brasil. FIFA pun turun tangan untuk menyelidiki kasus tersebut.

Laga Brasil vs Tunisia di Parc des Princes, Paris, Rabu (28/9/2022) dini hari WIB, diwarnai insiden rasisme. Richarlison yang menjadi korban.

Di menit ke-19, Richarlison merayakan gol ke gawang Tunisia. Suporter yang meledeknya kemudian melempari beberapa barang.

Salah satu benda yang dilempar ke arah Richarlison rupanya pisang, yang menjadi simbol pelecehan rasial. Sikap itu kemudian dikomentari sang pemain usai pertandingan, yang dimenangkan Selecao dengan skor 5-1.

Richarlison lewat akun twitter-nya mengutuk aksi tersebut sekaligus menyayangkan sikap FIFA yang terkesan cuek dengan hal tersebut. Padahal bukan Richarlison saja, tapi sudah banyak pemain yang jadi target pelecehan.

Sementara itu, striker Brasil Rodrygo juga meminta FIFA mengambil aksi tegas atas pelecehan yang menimpa Richarlison. Sebab jika tidak ada hukuman jera, maka hal itu akan berulang.

"Kami sudah terbiasa, timnas kami selalu dilecehkan seperti itu. Harus segera dihentikan," ujar Rodrygo kepada COPE.

Gelombang protes ini membuat FIFA akhirnya tergerak dan akan langsung melakukan penyelidikan terhadap kasus pelecehan berbau rasial tersebut. FIFA berjanji akan memberikan hukuman tegas karena tidak mentolerir hal seperti itu terjadi.

"Pertama-tama. FIFA menolak keras adanya pelecehan berbau rasial dan kekerasan. Kami tidak mentolerir hal seperti itu terjadi di sepakbola," ujar pernyataan resmi FIFA.

"FIFA akan menyelidiki pertandingan di Paris kemarin."

(mrp/rin)

ADVERTISEMENT