Sah! Mbappe Kini Pesepakbola Bergaji Tertinggi di Dunia

ADVERTISEMENT

Sah! Mbappe Kini Pesepakbola Bergaji Tertinggi di Dunia

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 08 Okt 2022 05:00 WIB
LISBON, PORTUGAL - OCTOBER 5: Kylian Mbappe of PSG during the UEFA Champions League group H match between SL Benfica and Paris Saint-Germain (PSG) at Estadio do Sport Lisboa e Benfica aka Estadio da Luz on October 5, 2022 in Lisbon, Portugal. (Photo by Jean Catuffe/Getty Images)
Kylian Mbappe jadi pemain dengan gaji tertinggi di dunia (Getty Images/Jean Catuffe)
New York -

Bukan lagi Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo yang jadi pemain dengan gaji tertinggi di dunia. Gelar itu kini jadi milik Kylian Mbappe.

Adalah Forbes yang mengeluarkan data tersebut pekan ini. Messi dan Ronaldo untuk pertama kalinya dalam delapan tahun terakhir tidak ada di posisi teratas.

Mbappe mengambil alih posisi pertama setelah kontraknya diperbarui Paris Saint-Germain musim panas kemarin. Dia meraih pendapatan 128 juta dolar AS atau Rp 1,9 T selama setahun atau setara hampir Rp 15 miliar per pekannya!

Itu pun belum termasuk komisi agen sehingga pendapatan Mbappe bisa saja lebih besar. Messi harus rela digeser ke posisi kedua dengan pendapatan senilai 120 juta dolar AS disusul Ronaldo di posisi ketiga dengan 100 juta dolar AS.

Melengkapi posisi lima besr adalah penyerang PSG lainnya, Neymar, yang meraih 87 juta dolar AS disusul winger Liverpool Mohamed Salah dengan 53 juta dolar AS.

Salah ada di posisi tersebut setelah kontraknya diperbarui Liverpool musim panas kemarin. Bayaran Salah pun meningkat drastis, jika dikurskan ke paun mencapai 350 ribu per pekannya.

Erling Haaland pun mendapat kenaikan signifikan setelah pindah ke Manchester City. Dia ada di posisi keenam dengan 39 juta dolar AS disusul Robert Lewandowski, Eden Hazard, Andres Iniesta, dan Kevin De Bruyne.

Iniesta jadi satu-satunya pemain di klub non-Eropa yang digaji 30 juta dolar AS oleh Vissel Kobe yang berlaga di Liga Jepang. Kevin De Bruyne menutup daftar 10 besar.

Uniknya Haaland dan Mbappe jadi dua pemain di bawah 30 tahun yang masuk daftar 10 besar, yang bisa jadi pertanda bahwa era Messi dan Ronaldo akan segera berakhir.

Kontrak besar yang didapat kedua pemain muda itu plus Salah yang diperpanjang kontraknya dan kepindahan Lewandowski ke Barcelona turut mengatrol total gaji pemain di 10 besar tersebut.

Jika musim lalu ada di angka 585 juta dolar AS, maka untuk tahun ini naik 11 persen menjadi 652 juta dolar AS.

Daftar 10 Besar Pemain Bergaji Tertinggi di Dunia

1. Kylian Mbappe
2. Lionel Messi
3. Cristiano Ronaldo
4. Neymar
5. Mohamed Salah
6. Erling Haaland
7. Robert Lewandowski
8. Eden Hazard
9. Andres Iniesta
10. Kevin De Bruyne

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT