Wasit Piala Dunia 2022 Ini Habis 'Obral' Kartu Merah!

ADVERTISEMENT

Wasit Piala Dunia 2022 Ini Habis 'Obral' Kartu Merah!

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 08 Nov 2022 13:00 WIB
FLORENCIO VARELA, ARGENTINA - JUNE 05:  Referee Facundo Tello gestures during a match between Defensa y Justicia and River Plate as part of the opening round of Liga Profesional Argentina 2022 at Estadio Norberto Tomaghello on June 5, 2022 in Florencio Varela, Argentina. (Photo by Daniel Jayo/Getty Images)
Wasit Facundo Tello. Foto: Getty Images/Daniel Jayo
Jakarta -

Sebuah laga bola berjalan sedemikian sengit sampai-sampai sang wasit, yang dikenal sangat tegas dan akan bertugas di Piala Dunia 2022, mengacungkan 10 kartu merah.

Pertandingan yang memunculkan "hujan kartu merah" itu terjadi di Argentina pada akhir pekan. Ada dua rival, Boca Juniors dan Racing Club, yang berhadapan di partai final Trofeo de Campeones.

Di waktu normal, kedua tim berimbang 1-1. Laga harus dituntaskan lewat extra time, walaupun kemudian harus selesai lebih cepat karena regulasi terkait kartu merah.

Dalam kedudukan 2-1 untuk keunggulan Racing Club, wasit Facundo Tello mesti menyetop pertandingan dengan beberapa menit tersisa akibat kartu merah teranyarnya. Aturan FIFA menyebut bahwa tim-tim tidak bisa lanjut jika jumlah pemainnya sudah kurang dari tujuh orang di atas lapangan.

Pada titik tersebut, Boca sudah mendapatkan tujuh kartu merah, termasuk pemainnya yang ada di bench. Sedangkan Racing Club punya tiga orang pemain yang dapat kartu merah dari wasit Tello.

Menurut RT.com, "hujan kartu" terjadi selepas dikartumerahnya Sebastian Villa dari Boca dan Johan Carbonero-nya Racing, di menit ke-95, usai argumentasi sengit di antar keduanya.

Diyakini bahwa otoritas sepakbola Argentina juga akan menjatuhkan hukuman buat kedua tim akibat masalah indispliner para pemainnya di laga final tersebut.

Wasit Facundo Tello sendiri memiliki reputasi sebagai pengadil lapangan yang amat disiplin dan tegas di persepakbolaan Argentina. Dalam 118 laga sepakbola Amerika Selatan, ia sudah mengacungkan 612 kartu kuning dan 45 kartu merah.

Nama Tello menjadi salah satu wasit yang akan bertugas di Piala Dunia 2022 Qatar, yang kick-off pada 20 November depan.

(krs/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT