Bola 'Gol Tangan Tuhan' Maradona Akan Dilelang Pekan Depan

ADVERTISEMENT

Bola 'Gol Tangan Tuhan' Maradona Akan Dilelang Pekan Depan

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 09 Nov 2022 21:45 WIB
MEXICO CITY, MEXICO - JUNE 22: Diego Maradona of Argentina uses his hand to score the first goal of his team during a 1986 FIFA World Cup Quarter Final match between Argentina and England at Azteca Stadium on June 22, 1986 in Mexico City, Mexico. Maradona later claimed that the goal was scored by The Hand Of God. (Photo by Archivo El Grafico/Getty Images)
Momen Maradona mencetak gol dengan tangannya di Piala Dunia 1986. Foto: Getty Images/El Grafico
Jakarta -

Bola yang digunakan mendiang Diego Maradona untuk menciptakan 'Gol Tangan Tuhan' di Piala Dunia 1986 akan dilelang. Uang hasil penjualan itu sebagian akan disumbangkan kepada lembaga amal.

Saat ini, bola Adidas Azteca itu dimiliki oleh Ali Bin Nasser, wasit Tunisia yang bertugas memimpin duel perempatfinal antara Argentina vs Inggris pada 22 Juni 1986 di Estadio Azteca, Mexico City. Selain 'Gol Tangan Tuhan', di laga tersebut Maradona juga menciptakan 'Goal of the Century' ke gawang Peter Shilton.

Namun Ali memutuskan menjualnya dalam pelelangan yang akan digelar pada 16 November mendatang di London, empat hari sebelum Piala Dunia 2022 dimulai. Harganya diestimasi antara 2,5-3 juta Pound atau sekitar 44,8-53,7 miliar Rupiah.

"Bola itu merupakan bagian dari sejarah sepakbola dan sudah waktunya untuk dibagikan kepada seluruh dunia," ujar Ali yang kini berusia 78 tahun kepada BBC.

"Saya menjadi wasit dari 1966 hingga 1991 dan menjadi wasit internasional dari 1975 hingga 1991. Karier saya sudah berbicara dengan sendirinya dan saya tak perlu banyak bicara soal itu."

"Uang (hasil penjualan) itu untuk menghormati karier saya, dengan uang itu saya ingin memastikan keluarga saya sejahtera dan saya akan melakukan banyak kegiatan amal."

"Itu adalah hadiah untuk saya dari Tuhan setelah bertahun-tahun menjadi wasit," jelas Ali, yang dianggap oleh Maradona sebagai 'teman abadi'-nya.

Selain bola, memorabilia lainnya yang akan dilelang adalah seragam wasit yang dipakai Ali di laga tersebut serta baju timnas Argentina yang ditandantangani Maradona dan diberikan pada Ali saat berkunjung ke Tunisia pada 2015.

Pada Mei lalu, jersey yang dipakai Maradona di laga perempatfinal itu laku terjual seharga 7,1 juta Pound atau sekitar 127,2 miliar Rupiah, sekaligus menjadi rekor dalam pelelangan memorabilia olahraga.

(adp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT