Dukungan Hakimi untuk Ramos yang Gagal ke Piala Dunia 2022

ADVERTISEMENT

Dukungan Hakimi untuk Ramos yang Gagal ke Piala Dunia 2022

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 12 Nov 2022 07:00 WIB
PARIS, FRANCE - OCTOBER 11: Achraf Hakimi, Sergio Ramos of PSG during the UEFA Champions League group H match between Paris Saint-Germain (PSG) and SL Benfica at Parc des Princes stadium on October 11, 2022 in Paris, France. (Photo by Jean Catuffe/Getty Images)
Hakimi (kiri) dan Ramos saat bermain bersama di PSG musim ini. Foto: Getty Images/Jean Catuffe
Jakarta -

Sergio Ramos tidak masuk dalam skuad Spanyol yang berangkat ke Piala Dunia 2022. Rekan setimnya di Paris Saint-Germain, Achraf Hakimi lantas memberinya dukungan moral.

Nama Ramos dilaporkan sempat masuk dalam daftar 55 nama untuk skuad sementara Spanyol. Meski sudah 36 tahun, eks kapten Real Madrid itu belum pernah menyatakan pensiun dan berambisi kembali membela La Furia Roja.

Apalagi di musim ini Ramos telah pulih dari cedera dan menjadi pilihan utama di lini belakang PSG. Tercatat ia sudah turun 19 kali di seluruh ajang musim ini, dan hanya sekali ia masuk dari bangku cadangan.

Performa PSG juga terbilang bagus karena belum terkalahkan di 21 laga yang sudah dijalani. Les Parisiens berada di puncak klasemen Liga Prancis dan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Semua itu ada peran Ramos di dalamnya.

Namun pelatih Spanyol, Luis Enrique ternyata berpendapat lain. Ia lebih memilih Pau Torres, Eric Garcia, Aymeric Laporte, dan Hugo Guillamón untuk posisi bek tengah. Tiga nama pertama sudah dipercaya sejak Euro 2020 tahun lalu.

Dengan pencoretan ini, kans Ramos untuk tampil di Piala Dunia 2022 pun pupus. Di usianya yang sudah uzur untuk ukuran pesepakbola, bisa jadi ia tak akan bisa lagi membela Spanyol di ajang besar.

10 menit setelah skuad Spanyol diumumkan di media sosial, Hakimi pun memberi pesan dukungan untuk Ramos. Pemain Timnas Maroko itu menyatakan bahwa Ramos masih berstatus bek terbaik di dunia saat ini.

"Sergio Ramos bek terbaik di dunia," cuit Hakimi di akun twitter-nya.

Ramos sudah 180 kali membela Spanyol sejak pertama kali debut pada 2005. Ia berhasil membawa La Furia Roja juara Piala Dunia sekali dan juara Piala Eropa dua kali. Ia terakhir kali berseragam timnas pada Maret 2021.



(adp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT