Piala Dunia 2022: Daging Babi Haram di Qatar, Pemain Korsel Tak Masalah!

ADVERTISEMENT

Piala Dunia 2022: Daging Babi Haram di Qatar, Pemain Korsel Tak Masalah!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 18 Nov 2022 12:43 WIB
Wiener Neustadt, AUSTRIA - NOVEMBER 14: Uijo Hwang of South Korea celebrates with teammates after scoring his teams first goal during the international friendly match between Mexico and South Korea at Wiener Neustaedter Stadion on November 14, 2020 in Wiener Neustadt, Austria. (Photo by Christian Hofer/Getty Images)
Timnas Korea Selatan tak masalah dilarang makan babi selama Piala Dunia 2022 (Getty Images/Christian Hofer)
Doha -

Daging babi adalah salah satu makanan utama pemain Korea Selatan. Tapi, para Ksatria Taeguk tak masalah jika makanan itu dilarang di Qatar.

Piala Dunia 2022 bakal dimulai Minggu (20/11/2022) lusa WIB. Ini jadi kali pertama Piala Dunia dihelat di Jazirah Arab sehingga ada aturan yang harus ditaati oleh selurun negara peserta.

Karena Qatar adalah negara muslim dan menganut hukum Islam, maka alkohol dan daging babi pun dilarang. Ini tentu jadi hambatan bagi sebagian besar negara peserta yang menjadikan dua makanan itu sebagai konsumsi utama.

Men walk past a FIFA World Cup trophy replica outside the Ahmed bin Ali Stadium in Al-Rayyan on November 12, 2022, ahead of the Qatar 2022 FIFA World Cup football tournament. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP) (Photo by KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP via Getty Images)Stadion Ahmad bin Ali Stadium di Al-Rayyan. Foto: AFP via Getty Images/KIRILL KUDRYAVTSEV

Larangan tersebut sudah memantik protes banyak negara, tapi tidak dengan Korsel yang berusaha menghormati adat istiadat Qatar. Alhasil, koki timnas pun harus memutar otak untuk mencari bahan makanan yang bergizi dan disukai para pemain.

Korsel jadi salah satu tim yang datang lebih awal ke Qatar untuk penyesuaian dengan iklim dan melakukan pemusatan latihan. Selama sepekan, makanan tradisional Korsel tetap disajikan yang dipadukan dengan beberapa makanan Asia lainnya.

Sebagai pengganti daging babi, maka para pemain diberikan daging ayam, sapi, dan bebek secara bergantian.

"Para pemain sekarang lebih menjaga badan mereka dengan baik dan melakukan diet ketat. Kami hanya ingin menjaga diet mereka tetap seimbang di sini," ujar juru masak senior Timnas Korsel Kim Hyung-chae seperti Korea Herald.

"Kami coba mengambil resep dari Piala Dunia sebelumnya dan mencoba mencari hidangan khusus yang disukai para pemain. Tapi, agak sulit sih menemukan sayuran segar serta daging di luar negeri selama Pandemi Covid-19." timpal rekan Kim, Shin Dong-il, yang sudah berangkat ke empat Piala Dunia terakhir.

Meski tidak ada daging babi, para pemain Korsel diharapkan bisa tampil dalam performa terbaiknya agar dapat menembus babak gugur pertamanya sejak Piala Dunia 2010.

Di Piala Dunia 2022 Korsel tergabung di Grup H bersama Portugal, Uruguay, dan Ghana. Laga pertama mereka menghadapi Uruguay 24 November.

"Tentunya hebat jika kami bisa lolos lebih jauh. Tapi saya tetap senang kok selama para pemain tetap sehat dan menikmati waktu mereka di sini," papar Kim.

"Saya berharap mereka bisa memberikan yang terbaik dan tidak merasa kecewa di akhir turnamen," kata Shin.

(mrp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT