Inggris Vs Iran: Ini Baru Piala Dunia!

ADVERTISEMENT

Laporan dari Qatar Bersama Es Krim Aice

Inggris Vs Iran: Ini Baru Piala Dunia!

Lucas Aditya - Sepakbola
Selasa, 22 Nov 2022 12:30 WIB
Inggris vs Iran
Foto: Lucas Aditya/detikSport
Doha -

Menghibur, satu kata yang pas untuk duel antara Timnas Inggris melawan Timnas Iran. Banyak gol memanjakan penonton, suasana di stadion juga hidup. Ini baru Piala Dunia!

Khalifa Stadium menjadi venue Inggris vs Iran. Laga itu berlangsung, Senin (21/11/2022) malam WIB. The Three Lions menang dengan skor meyakinkan 6-2, Jude Bellingham menjadi pemain yang menjadi pembahasan.

Inggris mencetak gol via Bellingham, Bukayo Saka (2 gol), Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan Jack Grealish yang menjadi penentu kemenangan tim asuhan Gareth Southgate. Iran membalas dengan brace Mehdi Taremi.

Kesan Menggoda Timnas Inggris

Inggris datang ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan modal yang kurang oke. Mereka menjadi juru kunci Grup A3 UEFA Nations League, hingga harus terdegradasi musim depan.

Saat Southgate mengumumkan skuad final untuk Piala Dunia 2022, pilihannya mendapatkan kritik. Tapi, pertandingan pertama menjadi bukti bahwa Southgate sudah mempunyai gambaran atas pemain-pemain menghuni skuad Tiga Singa.

Harry Maguire jelas yang menjadi sorotan. Tak cukup oke di Manchester United, dia bisa menjawab kepercayaan saat melawan Iran. Maguire bahkan menyumbang satu assist pada pertandingan ini.

Penampilannya bersama John Stones cukup solid. Bek 29 tahun itu cuma bisa bertahan selama 70 menit di lapangan, Karena cedera, Maguire digantikan oleh Eric Dier.

Saya jadi ingat dengan perbincangan dengan salah satu pendukung Inggris, Robert Pryse, hari lalu. Dia bilang bahwa skuad Inggris ini yang terbaik, Maguire juga dia yakini bisa bermain berbeda saat mengenakan seragam Timnas Inggris.

Pryse juga percaya diri Inggris akan bisa melaju jauh di Piala Dunia kali ini.

Gumaman Pendukung Iran Saat Lagu Kebangsaan

Ada yang berbeda dari pendukung Iran saat lagu kebangsaan negara mereka dikumandangkan. Tak ada lirik yang terucap dari mulut mereka.

Di Khalifa Stadium, saya menempati tribune yang didominasi oleh pendukung Team Melli. Semua orang Iran yang di tribune bergumam dan membunyikan terompet, sampai lagu kebangsaan mereka selesai. Di atas lapangan, ternyata para pemain Iran melakukan aksi diam.

Ternyata, hal ini ada kaitannya dengan aksi protes atas kematian Mahsa Amini usai ditahan polisi Iran karena menolak patuh pada aturan peraturan berpakaian di Iran. Negara itu menganut hukum Islam, protes sudah dilakukan sejak September.

"Kami harus menerima bahwa kondisi di dalam negeri sedang tidak baik-baik saja dan rakyat tidak bahagia. Kami ada di sini tapi itu bukan berarti kami tidak boleh menyuarakan suara kami atau menghormati mereka (rakyat)," kata kapten Iran Ehsan Hajsafi.

Atmosfer Meriah, Laga Banyak Gol

Setelah pertandingan yang 'dingin' di Al Bayt, saya menyaksikan pertandingan dan atmosfernya yang berbeda di Khalifa stadium. Suasana riuh Piala Dunia 2022 sudah terpantau saat di stasiun MRT.

Pendukung Inggris dan Iran saling bertukar chant, hingga membuat suasana menjadi lebih hidup. Emosi terasa di stadion, ada ekspresi kemarahan saat Iran kebobolan untuk keempat kalinya yang tercatat atas nama Marcus Rashford.

Teriakan 'England, England, England', dibalas dengan 'Iran, Iran, Iran'. Saya pun berpikir: 'Ini baru Piala Dunia!' Total delapan gol yang tercipta saat Inggris vs Iran, sementara ini menjadi jumlah gol terbanyak dalam empat pertandingan yang sudah digelar di Piala Dunia 2022.

Wajah semringah tampak dari para pendukung Timnas Inggris selepas laga. "Saya tak sabar untuk menyaksikan laga Inggris berikutnya," kata salah seorang pendukung Inggris kepada detikSport.

(cas/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT