Jerman Vs Jepang: Sama-sama Petik Hasil Bersejarah, tapi Beda Rasa

ADVERTISEMENT

Jerman Vs Jepang: Sama-sama Petik Hasil Bersejarah, tapi Beda Rasa

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Kamis, 24 Nov 2022 03:10 WIB
DOHA, QATAR - NOVEMBER 23: Joshua Kimmich (Germany) looks on during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Germany and Japan at Khalifa International Stadium on November 23, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Harry Langer/DeFodi Images via Getty Images)
Jerman takluk 1-2 dari Jepang di Piala Dunia 2022. (Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images)
Jakarta -

Kejutan lain terjadi di Piala Dunia 2022, ketika Jerman tumbang dari Jepang setelah unggul lebih dulu. Hasil laga ini bersejarah baik buat Jerman maupun Jepang.

Laga Jerman vs Jepang tuntas 1-2 untuk kemenangan Samurai Biru. Tim Asia tersebut membalikkan kedudukan usai ketinggalan dulu lewat penalti, dalam laga di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) malam WIB.

Ilkay Guendogan membawa Die Mannschaft memimpin 1-0 pada babak pertama. Tapi Ritsu Doan dan Takuma Asano memastikan kemenangan Jepang lewat gol-gol dalam rentang delapan menit.

Opta melansir bahwa ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Jepang, di mana mereka memenangi partai Piala Dunia usai tertinggal lebih dulu. Dalam sembilan laga sebelumnya dengan situasi kebobolan duluan, Jepang cuma berhasil menyelamatkan satu poin di dua laga dan kalah tujuh kali.

Sebaliknya ini juga jadi hasil pertama buat Jerman setelah sekian lama, di mana mereka gagal mempertahankan keunggulan. Sejak terakhir kali pada Piala Dunia 1978, mereka kembali kalah usai memimpin lebih dulu.

Pada 1978, Jerman unggul pada babak pertama namun akhirnya kalah 2-3 dari Austria. Selepas hasil itu, mereka tak pernah kalah di 21 partai beruntun dari posisi memimpin.

Hasil ini membuat peta persaingan Grup E makin menarik. Jepang mendapatkan tiga poin penting untuk modal lolos dari Grup E yang sulit, mengingat mereka juga tergabung dengan Spanyol dan Kosta Rika.

Sementara Jerman kini dalam tekanan. Apalagi skuad besutan Hansi Flick itu akan menghadapi Spanyol di laga kedua, dengan tuntutan menang yang makin besar.

Simak Informasi Lengkap Piala Dunia 2022 di Sini!

Simak video 'Pelatih Jepang Usai Kalahkan Jerman: Ini Sejarah, Bukan Kejutan':

[Gambas:Video 20detik]



(raw/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT