Lagi, Jerman Keok di Laga Pembuka Piala Dunia

ADVERTISEMENT

Lagi, Jerman Keok di Laga Pembuka Piala Dunia

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 24 Nov 2022 07:20 WIB
Germanys Antonio Ruediger is dejected as Japan players celebrate at the end of the World Cup group E soccer match between Germany and Japan, at the Khalifa International Stadium in Doha, Qatar, Wednesday, Nov. 23, 2022. Japan won 2-1.(AP Photo/Eugene Hoshiko)
Jerman dikalahkan Jepang 1-2 di laga pertama Grup E Piala Dunia 2022 (Foto: AP/Eugene Hoshiko)
Jakarta -

Jerman kalah 1-2 dari Jepang di laga pertama Piala Dunia 2022. Empat tahun lalu, Jerman juga tumbang di pertandingan pembuka Piala Dunia di Rusia.

Duel Jerman vs Jepang di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) malam WIB, jadi laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022. Jerman menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat penalti Ilkay Guendogan.

Namun, Jepang bangkit di babak kedua. Samurai Biru berbalik unggul berkat gol Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Bayang-bayang kegagalan di Piala Dunia 2018 bisa jadi mulai menghantui Jerman. Die Mannschaft juga kalah di pertandingan pertama fase grup Piala Dunia 2018.

Jerman kala itu kalah 0-1 dari Meksiko di laga pertama Grup F. Jerman yang berstatus sebagai juara bertahan itu pada akhirnya tersingkir di fase grup usai finis sebagai juru kunci.

Kekalahan dari Jepang di Piala Dunia 2022 meninggalkan catatan tak enak untuk Jerman. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Jerman kalah di laga pembuka Piala Dunia secara beruntun.

Padahal, Jerman sebelumnya sangat jarang kalah di laga pertama Piala Dunia. Menurut catatan Opta, Jerman sebelumnya hanya kalah satu kali di laga pembuka Piala Dunia dalam 18 turnamen pertamanya (W13 D4).

Jerman selanjutnya akan menghadapi Spanyol di laga kedua Grup E Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium pada Senin (28/11/2022) dini hari WIB.

(nds/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT