Kalahkan Jerman, Bukti Sepakbola Jepang Sudah Standar Dunia

ADVERTISEMENT

Kalahkan Jerman, Bukti Sepakbola Jepang Sudah Standar Dunia

Afif Farhan - Sepakbola
Kamis, 24 Nov 2022 13:45 WIB
DOHA, QATAR - NOVEMBER 23: Coach Hajime Moriyasu of Japan reacts during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Germany and Japan at Khalifa International Stadium on November 23, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Alex Grimm/Getty Images)
Foto: Getty Images
Doha -

Jepang menang 2-1 atas Jerman di Piala Dunia 2022. Bagi pelatih Hajime Moriyasu, kemenangan itu bukti sepakbola Jepang sudah standar dunia!

Jerman vs Jepang tersaji di Khalifa Stadium, Doha pada Rabu (23/11) malam WIB. Laga pertama di Grup E Piala Dunia 2022 itu berakhir dengan kejutan.

Di atas kertas, Jerman jelas jadi unggulan. Apalagi babak pertama ditutup dengan keunggulan 1-0 via penalti Ilkay Guendogan.

Jepang bangkit di babak kedua. Samurai Biru comeback lewat dua gol dari Ritsu Doan dan Takuma Asano dalam tempo delapan menit!

Jepang tampil menggigit. Walau kalah penguasaan bola 26 persen berbanding 74 persen, Jepang manfaatkan serangan balik dengan efektif.

Empat tembakan ke gawang dari Jepang berujung dua gol. Sementara Jerman punya tembakan ke gawang lebih banyak dengan sembilan kali, tapi cuma sekali jadi gol.

Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu girang betul. Baginya, hasil itu adalah suatu kemenangan bersejarah dan jadi bukti tidak terbantahkan kalau sepakbola Jepang sudah standar dunia!

"Saya percaya ini adalah momen bersejarah, kemenangan bersejarah," ujarnya dilansir dari The Guardian.

"Saya rasa, sepakbola Jepang sudah berkembang pesat. Sepertinya, kami sudah mencapai standar dunia," lanjutnya.

"Kami melihat Arab Saudi bisa kalahkan Argentina, jadi kami mampu menunjukkan kemampuan sepakbola Asia," tegasnya.

Jepang sementara berada di peringkat ke-24 FIFA alias jadi wakil Asia dengan kedua peringkat FIFA terbaik di Piala Dunia 2022 (Iran pertama di peringkat ke-20). Saingan terdekatnya adalah Korea Selatan, empat tingkat di bawahnya.

DOHA, QATAR - NOVEMBER 23: Coach Hajime Moriyasu of Japan reacts during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Germany and Japan at Khalifa International Stadium on November 23, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Alex Grimm/Getty Images)Hajime Moriyasu (Foto: Getty Images)

Selanjutnya di Piala Dunia 2022, Jepang akan hadapi Kosta Rika pada 27 November dan Spanyol pada 2 Desember.

(aff/yna)