Penampilan Oke Brasil Diklaim Berkat Peran Italia Juga

ADVERTISEMENT

Penampilan Oke Brasil Diklaim Berkat Peran Italia Juga

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Minggu, 27 Nov 2022 08:40 WIB
LUSAIL CITY, QATAR - NOVEMBER 24: Thiago Silva #3 of Brazil and Strahinja Pavlovic #2 of Serbia compete for the ball during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group G match between Brazil and Serbia at Lusail Stadium on November 24, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Fu Tian/China News Service via Getty Images)
Brasil memulai Piala Dunia 2022 dengan kemenangan atas Serbia. (Foto: China News Service via Getty Ima/China News Service)
Jakarta -

Brasil memulai kiprah di Piala Dunia 2022 dengan positif, usai menang atas Serbia. Penampilan apik mereka diklaim berkat peran Italia juga.

Brasil menang 2-0 dalam partai pertama mereka di Piala Dunia 2022. Melawan Serbia di Lusail Iconic Stadium, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB, sepasang gol Richarlison menegaskan dominasi Selecao.

Skuad besutan Tite memang tak membiarkan Serbia mengembangkan permainan. Padahal mereka cuma bermain dengan satu gelandang bertahan, Casemiro, dan memainkan empat penyerang yakni Richarlison, Neymar, Raphinha, dan Vinicius Junior, plus satu gelandang serang Lucas Paqueta.

Nyatanya komposisi tak seimbang itu menghasilkan penguasaan bola sebesar 59% dan 23 percobaan, dengan sembilan peluang on target dan dua kesempatan membentur tiang. Sedangkan Serbia tak berhasil mencatatkan satupun peluang mengarah ke gawang dari total lima upaya yang dilepaskan.

Penampilan solid Brasil ini menjadi perhatian pelatih veteran asal Italia, Claudio Ranieri. Menurutnya, kemauan para pemain Brasil untuk bermain sebagai tim saat menyerang dan bertahan menjadi kunci dan ia juga menyoroti empat bek mereka.

Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, dan Alex Sandro dinilai berhasil menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan dari Italia, sehingga membantu Brasil membentuk pertahanan yang rapi. Italia sendiri malah gagal lolos ke Qatar setelah kalah dari Makedonia Utara di babak play-off kualifikasi.

Simak rangkuman informasi Piala Dunia 2022 di sini!

"Ada detail lain yang mencuri perhatian. Brasil tampak sangat solid bahkan ketika cuma bermain dengan satu gelandang bertahan, Casemiro," ujar Ranieri kepada La Gazzetta dello Sport dikutip Football Italia.

"Hasrat mereka untuk saling membantu satu sama lain di setiap bagian lapangan membuat Alisson cuma menghadapi risiko dari bola-bola mati. Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, dan Alex Sandro membuktikan bahwa pelajaran-pelajaran dari Italia berguna," imbuhnya.

Bek Brasil Thiago Silva dan Marquinhos sama-sama punya pengalaman di Italia, masing-masing memperkuat AC Milan dan AS Roma. Sementara Danilo dan Alex Sandro saat ini bermain untuk Juventus.

Brasil sementara memimpin Grup G Piala Dunia 2022 dengan tiga poin, unggul selisih gol atas Swiss. Kedua tim selanjutnya akan berhadapan, sementara Kamerun menghadapi Serbia.



Simak Video "Final Piala Dunia 2022, Rian d'Masiv: Ronaldo Gagal, Messi Juga!"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT