Piala Dunia 2022: Van Dijk Balas Kecaman Van Basten

ADVERTISEMENT

Piala Dunia 2022: Van Dijk Balas Kecaman Van Basten

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Minggu, 27 Nov 2022 06:20 WIB
25 November 2022, Qatar, Ar-Rayyan: Soccer: World Cup, Netherlands - Ecuador, preliminary round, Group A, Matchday 2, Chalifa International Stadium,Netherlands Virgil Van Dijk gestures. gestures. Photo: Tom Weller/dpa (Photo by Tom Weller/picture alliance via Getty Images)
Virgil van Dijk membalas kritik leganda sepakbola Belanda Marco van Basten. (Foto: dpa/picture alliance via Getty I/picture alliance)
Doha -

Kapten Belanda Virgil Van Dijk dikecam mantan bintang top Marco van Basten usai hasil seri dengan Ekuador 1-1. Van Dijk memilih tidak ambil pusing.

Pada pertandingan di Stadion Khalifa, Jumat (25/11/2022), Belanda melewatkan kesempatan lolos ke fase gugur Piala Dunia dengan satu pertandingan sisa. De Oranje memulai laga dengan meyakinkan setelah Cody Gakpo menciptakan gol cepat di menit keenam.

Namun, keunggulan Belanda cuma sampai awal babak kedua. Enner Valencia membawa Ekuador menyamakan skor setelah meneruskan bola rebound hasil sepakan Moises Caicedo yang ditepis Andries Noppert.

Van Basten mengkritik lini pertahanan Belanda usai kebobolan gol balasan Ekuador. Pemenang Piala Eropa 1988 itu tidak terkesan dengan penampilan Van Dijk.

"Anda maju ke depan dengan sangat cepat, dan kemudian saya pikir sebuah pemikiran muncul: oke, kami 'kan unggul, kami harus bertahan. Namun, itu sesuatu yang tidak membantu kami. Saya kira Virgil seharusnya memainkan peran terdepan untuk itu. Dia banyak omong, tapi tidak mengatakan apapun," sembur Van Basten yang menjadi komentator pertandingan.

"Siapa pemain terbaik di tim? Dia adalah Virgil. Ketika anda melihat apa yang dia lakukan dalam penguasaan bola... Hanya mengoper kepada para pemain di samping dia. Dia mesti meningkatkan kecepatan, itu terlalu lambat," ceplos pemilik tiga Ballon d'Or itu kepada NOS.

Setidaknya, performa Virgil van Dijk cukup oke menurut statistik. Pemain Liverpool itu tercatat membuat enam sapuan, lebih banyak daripada pemain-pemain Belanda lainnya di pertandingan itu. Van Dijk sibuk mengawal pertahanan Belanda yang dibombardir 15 percobaan Ekuador.

"Saya kira, dia memang tidak pernah memberikan komentar positif. Jadi apa yang bisa anda lakukan?" jawab Van Dijk kepada Voetbal International, yang dilansir Stats Perform.

"Mudah untuk menganalisis dari [markas NOS di] Hilversum. Saya tidak mau bilang bahwa saya sudah memainkan sebuah pertandingan dengan fantastis, sama sekali tidak. Namun, hal-hal yang dikatakan tentang saya sebagai kapten: apa yang lakukan dengan hal itu?"

"Saya selalu di depan, saya memimpin tim sebaik mungkin," lugas Van Dijk menanggapi kritik senior jauhnya di timnas Belanda, Marco van Basten.

Saksikan juga Sosok Minggu ini: Sekolah Polisi Wanita, Semua Berasal dari Sini

[Gambas:Video 20detik]



(rin/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT