Peluang Jerman ke 16 Besar Piala Dunia 2022: Berat, tapi...

ADVERTISEMENT

Peluang Jerman ke 16 Besar Piala Dunia 2022: Berat, tapi...

Afif Farhan - Sepakbola
Senin, 28 Nov 2022 11:40 WIB
AL KHOR, QATAR - NOVEMBER 27: Players of Germany pose for a team photo during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Spain and Germany at Al Bayt Stadium on November 27, 2022 in Al Khor, Qatar. (Photo by Ercin Erturk/Anadolu Agency via Getty Images)
Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency
Al Khor -

Jerman masih berpeluang lolos dari fase grup Piala Dunia 2022 ke babak 16 besar walau cukup berat. Nasibnya ada di tangan Spanyol yang akan hadapi Jepang!

Jerman teranyar hadapi Spanyol di matchday kedua Grup E di Al Bayt Stadium, Senin (28/11) dini hari WIB. Skor akhirnya 1-1, dengan Spanyol unggul duluan lewat Alvaro Morata dan disamakan Niclas Fullkrug.

Di klasemen Grup E Piala Dunia 2022, Spanyol masih memimpin dengan empat poin dan diikuti Jepang serta Kosta Rika dengan sama-sama tiga poin. Sementara Jerman di posisi buncit dengan satu poin.

Bagaimana hitung-hitungan Jerman lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022?

Peluang Jerman untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 masih terbuka. Namun hitung-hitungannya, cukup berat dan tergantung hasil pertandingan lain!

Matchday terakhir Grup E akan berlangsung pada Jumat (2/12) pukul 02.00 WIB yang dimainkan serentak. Jepang vs Spanyol dan Kosta Rika vs Jerman.

Dilansir dari Sporting News, Jerman harga mati harus menang atas Kosta Rika. Kalau Die Mannschaft main seri apalagi kalah, peluangnya tertutup.

Nasib Jerman juga bergantung kepada Spanyol. Andai Spanyol menang atas Jepang dan Jerman menang atas Kosta Rika, maka klasemen akhirnya Spanyol lolos sebagai juara grup (7 poin) diikuti Jerman sebagai runner-up grup (empat poin).

Kalau Spanyol dan Jepang seri sementara Jerman menang, maka Jerman harus punya defisit gol lebih banyak dari Jepang. Sementara perbandingannya, Jepang selisih golnya 0 dan Jerman selisih golnya -1.

Jika Jepang menang atas Spanyol dan Jerman menang atas Kosta Rika, maka Jepang yang memuncaki grup dengan enam poin. Spanyol masih di posisi runner up dengan empat poin dan poinnya sama dengan Jerman. Nah, Jerman harus bisa pesta gol ke gawang Kosta Rika mengingat selisih gol Spanyol cukup besar dengan +7 gol.

Mampukah, Jerman menjaga asa untuk terus berlaga di Piala Dunia 2022? Atau angkat koper duluan?

(aff/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT