Van Gaal: Belanda Membosankan? Gak Usah Nonton, Pulang Saja

ADVERTISEMENT

Van Gaal: Belanda Membosankan? Gak Usah Nonton, Pulang Saja

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 30 Nov 2022 05:35 WIB
AL KHOR, QATAR - NOVEMBER 29: Louis van Gaal, Head Coach of Netherlands, smiles as he celebrates the 2-0 victory in the FIFA World Cup Qatar 2022 Group A match between Netherlands and Qatar at Al Bayt Stadium on November 29, 2022 in Al Khor, Qatar. (Photo by Sarah Stier - FIFA/FIFA via Getty Images)
Louis van Gaal tak peduli kritik untuk Timnas Belanda (FIFA via Getty Images/Sarah Stier - FIFA)
Al Khor -

Belanda memang lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, tapi permainannya dinilai membosankan. Pelatih Louis van Gaal tak peduli dengan itu.

Belanda memastikan jadi juara Grup A (7 poin) setelah mengalahkan tuan rumah Qatar dengan skor 2-0 di Al Bayt Stadium, Selasa 29/11/2022) malam WIB lewat gol-gol Cody Gakpo dan Frenkie de Jong.

Kelolosan ini melegakan Belanda mengingat ini adalah Piala Dunia pertama mereka setelah terakhir finis posisi ketiga di Brasil 2014. De Oranje gagal lolos ke Rusia empat tahun lalu.

Meski demikian, kelolosan ini bukannya tanpa cela terutama dari sisi permainan. Sepanjang fase grup, Belanda dinilai tampil kurang meyakinkan dan kesulitan mencetak gol.

Pada laga pertama kontra Senegal, Belanda butuh 85 menit untuk bisa unggul. Sementara saat unggul cepat atas Ekuador di laga kedua, mereka malah cuma bermain imbang.

Melawan Qatar yang notabene tim terlemah di grup, Belanda cuma bisa bikin dua gol. Ini jadi kekhawatiran fans serta media Belanda terkait peluang Belanda melaju di turnamen ini.

Pertanyaan soal performa pas-pasan Belanda diajukan kepada Van Gaal dalam jumpa pers usai laga. Lalu, apa jawabnya?

"Saya tidak ingin membahasnya lebih jauh karena saya rasa Anda punya pemikiran berbeda soal sepakbola," ujar Louis van Gaal ketus seperti dikutip Daily Mail.

"Kenapa tidak Anda tulis saja sekalian permainan kami sangat membosankan dan Anda bisa pulang besok karena tidak peduli juga toh dengan tim?."

"Mengecewakan memang tapi saya tidak setuju dengan Anda (fans gemas melihat performa Belanda). Itu pendapat Anda, tapi saya tidak peduli apakah itu benar atau tidak. Saya rasa orang akan bangga melihat kami lolos ke babak berikutnya," papar Van Gaal.

"Saya rasa kami tidak seburuk yang dibilang orang-orang."

(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT