Permutasi Grup D Piala Dunia 2022: Siapa Temani Prancis ke 16 Besar?

ADVERTISEMENT

Permutasi Grup D Piala Dunia 2022: Siapa Temani Prancis ke 16 Besar?

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 30 Nov 2022 09:05 WIB
AL RAYYAN, QATAR - NOVEMBER 22: Christian Eriksen of Denmark battles for possession with Yassine Meriah of Tunisia during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group D match between Denmark and Tunisia at Education City Stadium on November 22, 2022 in Al Rayyan, Qatar. (Photo by Justin Setterfield/Getty Images)
Denmark dan Tunisia masih berpeluang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Foto: Getty Images/Justin Setterfield
Jakarta -

Prancis sudah memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai perwakilan Grup D. Masih ada satu tiket tersisa yang bisa diperebutkan Australia, Denmark, dan Tunisia. Berikut perhitungan peluang ketiga negara tersebut.

Prancis sudah dipastikan lolos usai meraih dua kemenangan atas Australia dan Denmark. Les Bleus sudah meraih enam poin dari dua laga dan kini tinggal menyegel status sebagai juara grup.

Peringkat kedua ditempati Australia yang sudah mengumpulkan tiga poin. Denmark ada di urutan ketiga dengan satu poin, sama dengan Tunisia yang berada di posisi juru kunci namun unggul selisih gol.

Simak kumpulan informasi Piala Dunia 2022 di sini!

Pada matchday ketiga yang digelar Rabu (30/11) pukul 22.00 WIB, Australia akan menjalani laga hidup mati melawan Denmark di Al Janoub Stadium, sedangkan Tunisia akan berjumpa Prancis di Education City Stadium.

Hasil dua laga itu akan menjadi penentu siapa yang akan menemani Prancis ke fase gugur. Bagaimana peluang tiga negara yang tersisa? Berikut skenarionya.

Syarat Australia lolos ke 16 besar:

  • menang atas Denmark
  • seri dengan Denmark dan Tunisia tidak menang melawan Prancis

Syarat Denmark lolos ke 16 besar:

  • menang atas Australia dan Tunisia gagal menang atas Prancis
  • menang atas Australia dan Tunisia menang atas Prancis, namun Denmark unggul selisih gol atas Tunisia di klasemen akhir
  • jika Denmark menang atas Australia dan Tunisia menang atas Prancis, lalu produktivitas gol Denmark dan Tunisia sama, maka akan ditentukan lewat rekor disiplin (kartu kuning dan kartu merah)

Syarat Tunisia lolos ke 16 besar:

  • menang atas Prancis dan Australia vs Denmark berakhir seri
  • menang atas Prancis dan Denmark menang atas Australia, namun Tunisia unggul selisih gol atas Denmark di klasemen akhir
  • jika Tunisia menang atas Prancis dan Denmark menang atas Australia, lalu produktivitas gol Tunisia dan Denmark sama, maka akan ditentukan lewat rekor disiplin (kartu kuning dan kartu merah)
(adp/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT