Roberto Martinez Berhenti Latih Belgia Usai Kandas di Piala Dunia 2022

ADVERTISEMENT

Roberto Martinez Berhenti Latih Belgia Usai Kandas di Piala Dunia 2022

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 01:32 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 01: Roberto Martinez, Head Coach of Belgium, applauds the fans after their sides elimination from the tournament during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group F match between Croatia and Belgium at Ahmad Bin Ali Stadium on December 01, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Michael Steele/Getty Images)
Roberto Martinez berhenti melatih Timnas Belgia usai tersingkir dari Piala Dunia 2022. (Foto: Michael Steele/Getty Images)
Al Rayyan -

Roberto Martinez berhenti melatih Timnas Belgia. Hal itu diumumkan usai Rode Duivels tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar.

Martinez mengatakan, laga melawan Kroasia menjadi pertandingan terakhirnya sebagai pelatih Belgia. Di laga itu, Kevin De Bruyne dkk ditahan 0-0, yang akhirnya memastikan langkah Belgia di Piala Dunia 2022 terhenti.

"Ya, itu pertandingan terakhir saya. Sudah enam tahun. Saya tiba dengan ide yang jelas untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Kemudian kami begitu terlibat dengan proyek tersebut dan memenangkan medali perunggu. Saya sangat bangga dengan para pemain ini. Sungguh luar biasa," katanya, dilansir Sky Sports.

"Sudah enam tahun di mana kami dapat melakukan semua yang Anda ingin lakukan. Tim telah memberikan kegembiraan yang nyata kepada orang-orang. Tapi inilah saatnya bagi saya untuk menerima kenyataan ini. Saya tidak mengundurkan diri. Ini akhir dari kontrak saya," ujarnya.

Timnas Belgia dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022, usai ditahan imbang Krosia. Hasil itu membuat Belgia finis ketiga di Grup F dengan 4 poin, di bawah Maroko (7) dan Kroasia (5).

Martinez melatih Belgia sejak 2016, dan sudah memimpin 80 pertandingan. Rinciannya, Belgia diberi 56 kemenangan, 13 imbang, dan 11 kali kalah, dengan persentase kemenangannya mencapai 0 persen.

Martinez sempat mengantar Belgia tampil bagus di Piala Dunia 2018. Di Rusia, ia membawa timnya bisa melaju sampai semifinal, kemudian merebut peringkat tiga turnamen.

Di Piala Dunia 2022, Timnas Belgia justru kesulitan. Di Grup F, Belgia cuma menang 1-0 atas Kanada di laga pembuka, sebelum dihajar Maroko 0-2 di laga kedua, dan terakhir ditahan Kroasia tanpa gol.



Simak Video "Bandel Langgar Lalin di Qatar, Siap-siap Kena 'Kartu Merah'!"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT