Menilik Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol

ADVERTISEMENT

Menilik Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 06:00 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 01: (EDITORS NOTE: In this photo taken from a remote camera from inside the goal) Ao Tanaka of Japan scores the teams second goal past Rodri of Spain during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Japan and Spain at Khalifa International Stadium on December 01, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Gol Jepang ke gawang Spanyol dicetak Ao Tanaka lewat proses yang kontroversial. (Foto: Ryan Pierse/Getty Images)
Doha -

Jepang akhirnya bisa melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Samurai Biru bisa mengalahkan Spanyol lewat sebuah gol yang berbau kontroversi.

Grup E harus saling bunuh di matchday ketiganya, untuk mengirim dua wakilnya ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Jepang vs Spanyol, dan Kosta Rika vs Jerman digelar pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Di laga Jepang vs Spanyol, yang digelar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Jepang keluar sebagai pemenang. Wakil Asia itu mengalahkan Tim Matador 2-1.

Sempat ketinggalan lewat gol Alvaro Morata sejak menit ke-11, Jepang baru membalas di babak kedua. Ritsu Doan dan Ao Tanaka memastikan kemenangan 2-1.

Gol kedua Jepang kemudian ramai dibahas. Sebab, Ao Tanaka mencetaknya usai memanfaatkan umpan Kaoru Mitoma, di mana bolanya terlihat sudah keluar lapangan.

Gol tercipta berawal dari umpan silang mendatar Ritsu Doan dari sisi kanan ke tiang jauh Spanyol di sisi kiri. Mitoma mengejarnya, dan bisa mencungkil bola ke tengah membuat umpan tarik. Namun dalam tayangan lambat, terlihat bola sudah keluar lapangan, sebelum disambar Tanaka menjadi gol di mulut gawang.

Wasit Victor Gomes kemudian mengecek VAR, dan cukup lama meninjaunya. Sampai akhirnya, VAR mengesahkan gol itu dengan anggapan 'bolanya belum keluar lapangan sepenuhnya'.

Di media sosial, banyak yang mempertanyakan keabsahan gol Jepang. Beberapa menilai bola memang belum keluar sepenuhnya, sebagian lainnya beranggapan VAR membuat kesalahan.

Mereka yang menilai VAR sudah tepat beralasan angle kamera televisi hanya kurang memperlihatkan detail bola Jepang yang memang belum meninggalkan lapangan permainan.

Sebagian lain yang merasa keputusan VAR kurang tepat menggunakan tangkapan layar bahwa bola Jepang memang sudah keluar.

Namun pada akhirnya, gol Jepang yang berbau kontroversi itu tetap disahkan. Jepang menang 2-1 atas Spanyol.

Kemenangan membuat Jepang mengemas 6 poin di Grup E, mengungguli Spanyol. Jepang bisa menyingkirkan Jerman, meski di saat bersamaan Die Mannschaft menang 4-2 atas Kosta Rika. Jepang dan Spanyol memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dari Grup E.

Simak video 'Imbang Lawan Kroasia, Belgia Tersingkir dari Piala Dunia 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT