Skenario Swiss, Kamerun, Serbia Temani Brasil ke 16 Besar

ADVERTISEMENT

Skenario Swiss, Kamerun, Serbia Temani Brasil ke 16 Besar

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 11:20 WIB
LUSAIL CITY, QATAR - NOVEMBER 26: The official FIFA World Cup Qatar 2022 logo during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group C match between Argentina and Mexico at Lusail Stadium on November 26, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Visionhaus/Getty Images)
Swiss, Kamerun, dan Serbia masih berpeluang menemani Brasil ke 16 besar Piala Dunia 2022. Foto: Visionhaus via Getty Images/Visionhaus
Jakarta -

Brasil sudah dipastikan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 dari Grup G, namun masih ada satu tiket tersisa yang bisa diperebutkan oleh Swiss, Kamerun, dan Serbia. Bagaimana peluang dari ketiga negara tersebut? Simak hitung-hitungannya.

Brasil akan menjalani laga terakhir menghadapi Kamerun pada Sabtu (3/12) pukul 02.00 WIB di Lusail Stadium. Pada waktu yang sama di Stadium 974 akan digelar duel Serbia vs Swiss.

Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 - Group G - Brazil v Switzerland - Stadium 974, Doha, Qatar - November 28, 2022 Brazil's Casemiro celebrates scoring their first goal with teammates REUTERS/Carl RecineBaru Brasil yang lolos ke 16 besar dari Grup G. Foto: REUTERS/CARL RECINE

Dengan koleksi enam poin hasil kemenangan dari dua laga, Brasil sudah dipastikan melaju ke babak selanjutnya. Mereka hanya perlu tak kalah melawan Kamerun untuk memastikan diri menjadi juara grup.

Kalaupun kalah, selama Swiss tidak mengalahkan Serbia, maka posisi teratas tetap menjadi milik skuad asuhan Tite. Kalau Brasil kalah dan Swiss menang? Selecao bisa tetap menjadi juara grup asal unggul selisih gol atas Granit Xhaka dkk.

Simak kumpulan informasi Piala Dunia 2022 di sini!

Lalu bagaimana dengan peluang tiga negara lain untuk lolos ke 16 besar? Di bawah ini adalah skenario yang bisa mereka tempuh.

Syarat Swiss lolos ke 16 besar:

  • Swiss menang atas Serbia, atau
  • Swiss seri melawan Serbia dan Brasil tidak kalah dari Kamerun, atau
  • Swiss seri melawan Serbia dengan skor tertentu dan Kamerun mengalahkan Brasil dengan skor tertentu, sehingga di klasemen akhir Swiss unggul selisih gol dari Kamerun.

Syarat Kamerun lolos ke 16 besar:

  • Kamerun mengalahkan Brasil dengan skor tertentu dan Swiss seri melawan Serbia dengan skor tertentu, sehingga di klasemen akhir Kamerun unggul selisih gol dari Swiss, atau
  • Kamerun mengalahkan Brasil dengan skor tertentu dan Serbia mengalahkan Swiss dengan skor tertentu, sehingga di klasemen akhir Kamerun unggul selisih gol dari Serbia, atau
  • Jika Kamerun mengalahkan Brasil dan Serbia mengalahkan Swiss, namun selisih gol serta produktivitas gol Kamerun dan Serbia sama di klasemen akhir, maka rekor disiplin Kamerun (kartu kuning dan kartu merah) harus lebih baik dari Serbia.

Syarat Serbia lolos ke 16 besar:

  • Serbia mengalahkan Swiss dan Brasil tidak kalah dari Kamerun, atau
  • Serbia mengalahkan Swiss dengan skor tertentu dan Kamerun mengalahkan Brasil dengan skor tertentu, sehingga di klasemen akhir Serbia unggul selisih gol atas Kamerun, atau
  • Jika Serbia mengalahkan Swiss dan Kamerun mengalahkan Brasil, namun selisih gol serta produktivitas gol Serbia dan Kamerun sama di klasemen akhir, maka rekor disiplin Serbia (kartu kuning dan kartu merah) harus lebih baik dari Kamerun.

Hasil-hasil sebelumnya:

Swiss 1-0 Kamerun
Brasil 2-0 Serbia

Kamerun 3-3 Serbia
Brasil 1-0 Swiss

Klasemen sementara Grup G Piala Dunia 2022:

NegaraPoinMainMenangKalahSeriSelisih Gol
1. Brasil622003-0
2. Swiss321101-1
3. Kamerun120113-4
4. Serbia120113-5
(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT