Dramatis bak Drakor, Korea Singkirkan Uruguay di Piala Dunia 2022!

ADVERTISEMENT

Dramatis bak Drakor, Korea Singkirkan Uruguay di Piala Dunia 2022!

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Sabtu, 03 Des 2022 10:42 WIB
AL RAYYAN, QATAR - DECEMBER 02: Korea Republic players celebrate after the teams qualification to the knockout stages during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group H match between Korea Republic and Portugal at Education City Stadium on December 02, 2022 in Al Rayyan, Qatar. (Photo by Alex Grimm/Getty Images)
Korea Selatan lolos dramatis ke 16 besar Piala Dunia 2022 dan menyingkirkan Uruguay.(Foto: Getty Images/Alex Grimm)
Doha -

Korea Selatan lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan dramatis banget. Bagaikan di drakor alias drama korea, Taeguk Warriors comeback lawan Portugal & mendepak Uruguay dengan produktivitas gol.

Langkah Korea Selatan untuk lolos dari Grup H Piala Dunia 2022 tampak sulit, ketika mereka tertinggal cepat dari Portugal di Education City Stadium, Jumat (2/12/2022) malam WIB. Gol Ricardo Horta pada menit kelima membuat kans Son Heung-min dkk untuk lolos mengecil.

Itu bikin mereka terbenam di dasar klasemen dengan satu poin, sementara Uruguay di titik yang sama mendapatkan satu poin tambahan. Mereka punya dua poin karena skor melawan Ghana di Al Janoub Stadium masih sama kuat 0-0.

Nah, Uruguay kemudian bikin gol lewat Giorgian De Arrascaeta pada menit ke-26. Itu otomatis mengangkat La Celeste ke posisi dua dengan empat poin, menyalip Ghana yang mengumpulkan tiga poin.

Semenit berselang, Korea Selatan menyamakan skor dan menjaga kesempatan. Gol Kim Young-gwon pada menit ke-27 itu memang belum mengeluarkan mereka dari dasar Grup H, tapi menghadirkan momentum dan koleksi poin menjadi 2.

Tak lama berselang, Uruguay mempertegas keunggulan atas Ghana menjadi 2-0. De Arrascaeta mencetak gol lagi pada menit ke-32, sekaligus memperkuat posisi mereka di Grup H.

Drama kemudian tersaji di penghujung pertandingan. Korea Selatan mencetak gol melalui Hwan Hee-chan di masa injury time dan menang 2-1 atas Portugal!

Hasil itu melontarkan Korea Selatan ke posisi dua sementara, meski punya poin dan selisih gol yang sama dengan Uruguay (4 poin, 0 selisih gol). Mereka lebih superior dalam produktivitas gol, yaknni 4 berbanding 2 milik Uruguay.

Hanya saja Son dkk tak bisa langsung merayakan kemenangan mereka selepas peluit panjang. Sebab laga Ghana vs Uruguay masih berjalan dengan injury time minimal delapan menit.

Jika Uruguay bisa menambah gol, mereka akan lolos dan Korea Selatan tersingkir karena kalah selisih gol. Tapi itu tak terjadi, Uruguay tetap harus puas dengan kemenangan 2-0 yang memastikan langkah mereka terhenti.

Portugal lolos sebagai juara grup dengan enam poin dari tiga laga, disusul Korea Selatan dengan empat poin. Korea unggul jumlah gol (4:2) atas Uruguay, sementara Ghana merosot ke dasar klasemen.

(raw/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT